Beranda Peristiwa Ini Penyebab Amblasnya TPT di TPI Labuan yang Dikeluhkan Nelayan

Ini Penyebab Amblasnya TPT di TPI Labuan yang Dikeluhkan Nelayan

TPT di TPI 3 Labuan ambrol diduga akibat adanya pembangunan JPO. Sumber foto : Istimewa

PANDEGLANG – Nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) 3 Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang mengeluhkan amblasnya Tembok Penahan Tanah (TPT) yang biasa digunakan untuk bersandar kapal. Diduga, ada 2 penyebab amblasnya TPT di lokasi tersebut.

Kepala TPI Labuan, Jumadi mengatakan, kemungkinan pertama amblasnya TPT di lokasi tersebut lantaran usia TPT yang sudah cukup tua. Dia memperkirakan TPT tersebut sudah dibangun sekitar 15 tahun lalu.

“Usia TPI ini memang sudah lama, sudah tua juga karena kalau tidak salah dibangunnya itu 15 tahun yang lalu. Jadi kemungkinannya bisa (tanah amblas) gara-gara itu,” jelas Jumadi, Kamis (14/10/2021).

Selain usia TPT yang sudah cukup lama diduga faktor kedua yang menyebabkan amblasnya TPT lantaran adanya proyek pembangunan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di sekitar lokasi. Menurutnya, pembangunan JPO turut memutus sebagian tembok pelelangan untuk keperluan pondasi jembatan.

“Di situ (lokasi TPI) kan ada pembangunan JPO, dia mutusin pondasi yang ada di TPI. Maka terjadilah kehancuran kayak gini karena tembok penahannya enggak ada, amblas jadinya,” katanya.

Alhasil, dengan amblasnya TPT membuat aktivitas bongkar muat ikan para nelayan menjadi terganggu. Kata Jumadi, agar para nelayan tetap bisa melakukan aktivitas di TPI dibuat jembatan kayu sementara.

“Ini buat jembatan (dermaga) supaya kapal-kapal nelayan bisa nyandar. Karena kalau kami tidak berinisiatif kayak gini, kemungkinan nelayan akan kabur dari TPI,” ungkapnya.

Ia pun berharap pihak pihak berwenang bisa segera menyelesaikan masalah tanah amblas di pelelangan yang ia kelola. Sebab jika tak segera diperbaiki, ia makin khawatir suatu saat malah akan timbul korban jiwa akibat kejadian tersebut.

“Kalau dibiarkan lama, kami khawatir bisa timbul korban. Maka harapan kami pihak terkait bisa secepatnya menangani masalah tanah amblas di pelelangan ini,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, para nelayan yang biasa melakukan aktivitas jual beli ikan di TPI 3 Labuan mengeluhkan amblasnya TPT di lokasi tersebut karena kapal sulit bersandar. Ditambah lagi aktivitas pembangunan JPO yang memakan sebagian badan sungai membuat lalu lintas kapal menjadi terganggu. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini