Beranda Kesehatan Ini Loh Jumlah Push Up untuk Jantung Sehat

Ini Loh Jumlah Push Up untuk Jantung Sehat

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Olahraga Push up sebagai bagian dari latihan dada mungkin sering terlewatkan. Padahal, melakukan push up ternyata bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan membuat hidup lebih panjang, terutama bagi pria dewasa.

Namun, ada batasan jumlah push up yang harus dilakukan. Setidaknya, kamu bisa rutin melakukan 40 kali push up.

Jumlah itu didapatkan dari penelitian selama satu dekade yang mencakup banyak hal, mulai dari diagnosa penyakit arteri koroner dan masalah besar, seperti gagal jantung.

Manfaat tersebut akan lebih dirasakan oleh mereka yang sanggup melakukan push up 40 kali dibandingkan yang hanya melakukan 10 push up atau kurang dari jumlah tersebut.

“Penemuan kami membuktikan bahwa push up bisa menjadi metode yang mudah dan tidak berbiaya untuk membantu memeriksa adanya tanda penyakit kardiovaskular dalam hampir segala situasi,” kata penulis studi, Justin Yang seperti dilansir kompas.com.

Hal yang mengejutkan, kapasitas push up ternyata lebih terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular ketimbang tes treadmill submaksimal.

Riset yang dilakukan oleh para residen kedokteran di Departemen Kesehatan Lingkungan Harvard tersebut sebetulnya pada awalnya diketahui sebagai studi untuk mengidentifikasi keterkaitan push up dan penyakit kardiovaskular.

Tim peneliti mendapatkan hasil setelah menganalisa data kesehatan dari 1.104 petugas pemadam kebakaran pria dengan rata-rata usia 39,6 tahun dan indeks massa tubuh (BMI) 28,7.

Kapasitas push up dan latihan treadmill setiap orang dicatat pada awal studi sebelum mereka melanjutkan dengan pemeriksaan fisik dan kesehatan tahunan.

Selama masa studi satu dekade tersebut, ada 37 orang yang dilaporkan memiliki penyakit kardiovaskular.

Para pria tersebut adalah mereka yang melakukan push up sebanyak 40 kali atau kurang selama latihan dasar.

Dari hasil ini, para peneliti menyimpulkan bahwa pria yang bisa melakukan lebih dari 40 push up mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 96 persen.

Namun, sebelum menargetkan 40 kali push up, para peneliti studi menggarisbawahi bahwa subjek mereka adalah pria usia dewasa menengah yang aktif secara fisik karena profesinya.

Dengan kata lain, bagi pria maupun wanita yang kurang aktif mungkin diperlukan latihan kaki dengan porsi lebih banyak.

Meski begitu, dari penelitian sebelumnya disampaikan bahwa meningkatkan kekuatan otot adalah kunci utama memperpanjang usia. Baik melalui push up maupun latihan lainnya yang dapat membangun otot. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini