Beranda Teknologi Ini Komitmen TenarisSPIJ Jaga Kelestarian Lingkungan dan Efisiensi Kerja

Ini Komitmen TenarisSPIJ Jaga Kelestarian Lingkungan dan Efisiensi Kerja

PT Seamless Pipe Indonesia Jaya (TenarisSPIJ). (Ist)

CILEGON – Sebagai tindakan pencegahan terhadap dampak operasional pabrik PT Seamless Pipe Indonesia Jaya (TenarisSPIJ) baru-baru ini melakukan pemasangan sistem dust collector (pengumpul debu) untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi risiko terhadap lingkungan, terutama dalam hal polusi dan kontaminasi udara.

Untuk mengurangi kadar emisi debu di lingkungan, TenarisSPIJ telah melakukan penggantian sistem dust collector di departemen Internal Sand Blasting (ISB). Tindakan ini juga diambil agar pemakaian filter lebih tahan lama dan mengurangi kerusakan mesin, sehingga mampu menekan biaya perawatan.

Operations Senior Analyst TenarisSPIJ, Suherman memaparkan salah satu tujuan utama Tenaris yakni untuk membuat lingkungan yang aman untuk masyarakat setempat, serta meminimalisir dampak terhadap lingkungan.

“Departemen ISB telah mencetak peningkatan yang signifikan dalam hal keamanan dan produktivitas sejak pertama kali beroperasi pada 2014. Hal ini membuktikan bahwa kami selalu berkomitmen untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi dampak terhadap lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan operasional kami,” ujarnya Senin (30/5/2022) kemarin.

Tenaris secara konsisten bekerja sama dengan badan pemerintah terkait untuk memastikan kegiatan operasional pabrik telah berjalan sesuai hukum dan peraturan yang berlaku. Namun, isu emisi udara menjadi keprihatinan dari masyarakat di sekitar pabrik TenarisSPIJ.

“Kami telah berhasil menekan tingkat polusi debu secara signifikan. Data ini kami peroleh dari proses pengukuran resmi dari laboratorium independen di Indonesia, hasilnya menunjukkan adanya perbedaan yang drastis,” imbuh Yayat Sudrajat selaku Engineering Manager TenarisSPIJ, Yayat Sudrajat.

Yang tidak kalah pentingnya lagi, penggantian sistem dust collector itu juga diyakini mampu meningkatkan efisiensi kerja dan efektivitas infrastruktur perusahaan.

“Hal ini dapat mencegah kerusakan berat akibat debu dan partikel halus lainnya, sehingga akan menjamin kelancaran operasional dan perawatan mesin. Selain itu, hal ini juga membantu kami dalam menjaga kebersihan lingkungan kerja. Mekanisme filter yang kami gunakan saat ini juga cenderung lebih mudah digunakan, bahkan jika terjadi kontaminasi. Kami juga telah menekan frekuensi penggantian filter dari dua bulan sekali menjadi enam bulan sekali,” ungkap Adrian Pakpahan, Maintenance Manager TenarisSPIJ.

Masih di tempat yang sama, Operations Senior Director TenarisSPIJ, Agung Wijanarko menjelaskan bahwa pemasangan sistem dust collector tersebut sebagai bukti komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar perusahaan.

“Kami secara konsisten berkomitmen untuk melindungi lingkungan di area pabrik kami. Kami juga perlu mengungkapkan kepada masyarakat bahwa Tenaris selalu berkomitmen dalam menjadikan kelestarian lingkungan sekitar sebagai prioritas kami,” jelasnya.

(dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini