Beranda Nasional Ini Fungsi Gelang Identitas yang Wajib Dipakai Calon Jemaah Haji

Ini Fungsi Gelang Identitas yang Wajib Dipakai Calon Jemaah Haji

JAKARTA – Bagi para jemaah haji yang sudah siap berangkat ke tanah suci, jangan lupa menyiapkan sejumlah identitas diri.

Selain identitas yang dibawa sendiri seperti KTP, SIM, dan paspor, Kementerian Agama juga menyiapkan identitas khusus bagi jemaah haji asal Indonesia, berupa gelang.

Gelang tersebut berfungsi sebagai tanda pengenal, yang digunakan jemaah, mulai dari keberangkatan hingga tiba kembali di Tanah Air.

Gelang kecil jemaah haji tersebut terbuat dari stainless steel. Gelang terlihat agak mencolok dan wajib dikenakan oleh para jemaah haji selama berada di Tanah Suci.

Lantas, apa saja fungsi gelang identitas haji tersebut?

1. Menyimpan berbagai informasi terkait jemaah haji

Gelang sepanjang 20 sentimeter dan tebal 1,2 milimeter itu berisikan sejumlah informasi mengenai jemaah haji yang memakainya.

Tujuh Informasi yang tertera pada gelang tersebut antara lain:

– Tertulis nama jemaah haji pemakai gelang, misalnya Fulanan binti Fulan atau Fulanan bin Fulan. Setidaknya, ada tiga suku kata tertulis pada gelang itu.
– Nomor kloter dan nomor Embarkasi, misalnya jemaah haji tersebut berada di Kloter 10 dari Embarkasi Jakarta – Pondok Gede, maka yang tertulis di gelang adalah Kloter 10-Embarkasi JKG.
– Terdapat nomor paspor jemaah, hal tersebut dilakukan agar mudah melakukan pengecekan apabila ada hal-hal tertentu yang terjadi pada jemaah haji
– Pada gelang tersebut ada tulisan bahasa Arab dengan latar belakang berwarna biru, yakni Al-Hajj al-Indunisi (Haji Indonesia)
– Setelah tulisan Arab berlatar belakag warna biru, terdapat bendera Indonesia merah putih yang menunjukan jemaah haji tersebut berasal dari Indonesia
– Ada tulisan JKT-1443H, yang maknanya adalah Jakarta tahun 1443 H. Jika dari embarkasi lain, akan tertulis SOC-1440 (Embarkasi Solo).
– Nomor maktab untuk menunjukkan nomor tenda saat jemaah berada di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) serta di Makkah.

2. Memudahkan jika jemaah terpisah dari rombongan

Ibadah haji di Makkah diikuti oleh jutaan orang dari berbagai negara. Kondisi ini menjadi rawan karena seorang jemaah haji bisa saja tersesat atau terpisah dari rombongannya.

Saat itulah, gelang identitas tersebut terasa sekali manfaatnya. Hal itu karena terdapat informasi mengenai identitas jemaah pada gelang tersebut sehingga petugas bisa dengan mudah mengembalikan jemaah yang tersesat tersebut ke lokasi pemondokan, berdasarkan informasi yang terdapat dalam gelang tersebut.

Selain gelang, Kementerian Agama juga membekali jemaah haji dengan kartu alamat hotel, kartu bus, dan kartu identitas perjalanan ibadah haji.

Demikian informasi mengenai fungsi gelang identitas haji yang wajib dipakai para jemaah selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini