Beranda Kesehatan Ini 9 Cara Menyembuhkan Sariawan

Ini 9 Cara Menyembuhkan Sariawan

Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

SERANG – Sariawan menjadi salah satu kondisi yang mengganggu seseorang beraktivitas. Seseorang yang mengalami sariawan akan mengalami kesulitan saat makan maupun berbicara. Hal tersebut disebabkan karena rasa nyeri yang muncul ketika makanan menyentuh sariawan itu.

Melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id), sariawan terjadi karena berkembangnya infeksi jamur pada mulut. Ketika ada penumpukan jamur Candida albicans di lapisan mulut, itu akan menjadi sariawan dan menimbulkan rasa sakit.

Sebab sariawan sangat mengganggu dalam aktivitas sehari-hari, biasanya beberapa orang akan melakukan pengobatan untuk mengatasi penyakit tersebut. Berikut beberapa cara menyembuhkan sariawan.

Garam dipercaya berguna untuk menyembuhkan sariawan. Hal ini karena garam mengandung antiseptik, pembersih, dan menenangkan bagi mulut. Selain itu, galam akan membersihkan berbagai bakteri lain yang terdapat di dalam mulut.

Cara penggunaannya yaitu hanya dengan melarutkan 1/2 sendok teh garam dan dicampur air hangat. Setelah itu, berkumur dengan larutan tersebut secara rutin hingga sariawan sembuh.

Soda kue

Dalam sebuah studi pada 2009, peneliti mengungkapkan, natrium bikarbonat yang terdapat pada soda kue berguna sebagai desinfektan jamur candida albicans yang menjadi penyebab sariawan. Oleh sebab itu, penggunaan soda kue juga sangat berguna menyembuhkan sariawan dengan berkumur-kumur.

Yogurt

Yogurt juga menjadi salah satu cara yang dapat menyembuhkan sariawan. Kandungan probiotik kultur bakteri baik pada yogurt, dipercaya mampu mengatasi masalah sariawan. Selain itu, yogurt juga membantu memelihara berbagai bakteri baik dalam mulut. Sifatnya yang lembut juga sangat berguna untuk mengurangi rasa sakit saat pengobatan.

Jus lemon

Dalam sebuah penelitian pada 2009, dikatakan jus lemon efektif untuk mengobati sariawan terutama untuk penderita HIV. Hal ini karena jus lemon mengandung antiseptik dan antijamur yang membantu melawan jamur penyebab sariawan

Kunyit

Sebuah studi tahun 2010 mengungkapkan, kunyit dipercaya mampu menjadi obat sariawan karena mengandung sifat antijamur yang berguna melawan candida albicans. Selain itu, kunyit juga dipercaya mengandung kurkumin, yaitu senyawa yang memiliki kemampuan antiinflamasi. Tidak hanya itu, kunyit juga dinilai efektif dengan kandungan piperine di dalamnya.

Minyak cengkeh

Menurut kedokteran gigi, minyak cengkeh mengandung antiseptik yang serta pereda nyeri yang baik bagi tubuh. Selain itu, studi In Vivo dan In Vitro tahun 2005, senyawa dalam minyak cengkeh atau dikenal eugenol, ternyata juga dapat mengobati sariawan pada seseorang.

Minyak oregano

Selain itu bumbu makanan, minyak oregano juga memiliki kemampuan antimikroba dan antijamur. Menurut penelitian pada  2001 yang dilakukan pada tikus dan in vitro, minyak oregano efektif melawan Candida albicans.

Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung sifat antijamur yang mampu melawan candida albicans di dalam tubuh. Oleh karena itu, penggunaan cuka juga bermanfaat sebagai penyembuh sariawan. Tidak hanya itu, sari cuka apel juga sering digunakan sebagai obat alternatif untuk penderita stomatitis gigi tiruan.

Vitamin C

Orang yang kurang vitamin C akan mudah mengalami sariawan. Vitamin C dipercaya membantu mengobati sariawan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Tidak hanya itu, vitamin C juga mendorong produksi sel darah putih yang melindungi tubuh dari berbagai infeksi seperti sariawan.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini