Beranda Advertorial Ingin Sejahterakan Masyarakat, Memotivasi Ridwan Jadi Kades Banjarsari

Ingin Sejahterakan Masyarakat, Memotivasi Ridwan Jadi Kades Banjarsari

Ridwan Setiawan, Kades Banjarsari. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Ridwan Setiawan, Kepala Desa (Kades) Banjarsari, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang mengaku motivasinya menjadi kades adalah ingin mensejahterakan dan meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

“Motivasi menjadi kades banyak sih, kalau salah satunya ingin mensejahterakan desa, men-transparansikan dana desa, dan menggali potensi desa,” kata Ridwan, saat ditemui di Kantor Desa Banjarsari, Rabu (20/11/2019).

Kata Ridwan, Desa Banjarsari merupakan desa yang terletak di perbatasan Kecamatan Kaduhejo dan Kecamatan Banjar, dengan luas wilayah sekitar 1300 hektare dan jumlah penduduk 2800 jiwa. Desa Banjarsari memiliki 7 Kampung, 10 RT dan 4 RW.

Pelayanan di kantor Desa Banjarsari, Kecamatan Kaduhejo. (Memed/bantennews)0

Menurutnya, semenjak dilantik sebagai Kades Banjarsari beberapa tahun yang lalu, salah satu program unggulan yang dijalankan adalah meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Potensi di Banjarsari pertanian, perkebunan ada beberapa yang menanam durian, kelompok ikan, untuk ternak ikan. Alhamdulillah sekarang kami sudah mencoba dengan teknologi baru gypark, alhamdulillah hasil cukup maksimal,” ucapnya.

Untuk meningkatkan program yang sudah ada khususnya di bidang pertanian, ia mengaku sudah bekerja sama dengan salah satu badan usaha yang berdiri di bidang cocok tanam.

“Untuk palawija (timun, cabe, semangka, dll). Kami bekerjasama deng PT Panah Merah, alhamdulillah meraka memberi lapangan pekerjaan untuk masyarakat desa,” jelasnya.

Lanjut Ridwan, pada tahun 2019 ini tahap satu, dua dan tiga serapan anggara dana desanya telah tercapai. Pada tahap satu Dana Desa digunakan untuk pembangunan jalan paving blok sekitar 200 meter dan pembangunan drainase 100 meter di Kampung Rahong.

Sedangkan untuk tahap ke dua pembangunan jalan rabat beton di Kampung Rahong volume 100 meter dan pembelian mobil siaga desa dan untuk tahap ketiga pembangunan puskesmas desa, pembangunan paving blok Kampung Lebak Purut 240 meter. paving blok Kampung Curug Luhur volume 120 meter. Pembangunan rambat beton jalan Kampung Kamancing volume 100 meter.

“Saya bersyukur manfaat pembangunan sudah dapat dirasakan oleh masyarakat. Rencana saya dalam sisa 4 tahun menjabat, saya berharap infrastruktur desa terus meningkat, dan sumber pontensi masyarakat bisa terbangun juga dan masyarakat bisa sejahtera,” tegasnya. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini