Beranda Olahraga Imbang Lawan Uzbekistan, Timnas Indonesia U-20 Gagal ke Perempat Final Piala Asia

Imbang Lawan Uzbekistan, Timnas Indonesia U-20 Gagal ke Perempat Final Piala Asia

Pemain Timnas U-20 Indonesia Hokky Caraka (kanan) bersama rekan setimnya melakukan selebrasi seusai berhasil mencetak gol ke gawang Timnas U-20 Suriah dalam kualifikasi Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (4/3/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz.)

BANTEN – Timnas Indonesia gagal lolos dari Grup A Piala Asia U-20 2023 usai bermain imbang tanpa gol kontra Uzbekistan di Stadion Istiqlol, Fergana, Selasa (7/3/2023) malam WIB. Hasil 0-0 ini sekaligus menyudahi perjuangan tim Merah Putih di kejuaraan tersebut.

Hasil seri membuat Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-20– menempati peringkat tiga klasemen dengan 4 poin dari satu kemenangan, satu seri, dan satu imbang. Hasil tersebut tidak cukup membawa tim asuhan Shin Tae-yong melaju ke fase gugur.

Sementara Uzbekistan dipastikan lolos dengan status juara Grup A (7 poin). Sementara di posisi dua Irak menemani Uzbekistan lolos ke fase gugur.

Poin Irak dan Indonesia sejatinya sama, yaitu empat poin. Namun, Garuda Nusantara kalah selisih gol dan head to head dari Irak sehingga tim Merah Putih tersingkir.

Pertandingan berlangsung sengit sejak bola digulirkan. Timnas Indonesia yang membutuhkan kemenangan mencoba mencari celah untuk membongkar pertahanan lawan.

Namun sayang, sulit sekali bagi para pemain Indonesia untuk mempertahankan penguasaan bola. Mencoba memainkan bola dari kaki ke kaki, mereka kerap kehilangan bola.

Uzbekistan yang bermain dengan tempo lebih lambat dari Indonesia justru tampil lebih efektif. Berkat passing-passing yang akurat, lebih dari satu kali tuan rumah membahayakan gawang Indonesia.

Di menit 20, Uzbekistan nyaris memecah kebuntuan. Beruntung bagi Indonesia, Daffa Fasya masih mampu menggagalkan peluang tersebut.

Sepakan pemain bernomor punggung 18 Uzbekistan berhasil diblok dengan kaki kiri oleh Daffa.

Indonesia mendapat peluang beberapa menit kemudian. Hugo Samir melepaskan tendangan dari luar kotak, namun membentur bek lawan.

Di sisa waktu pertandingan, kesalahan kerap dilakukan para pemain Indonesia. Hal itu pun dimanfaatkan Uzbekistan untuk menggedor pertahanan skuad Garuda.

Beruntung bagi Muhammad Ferarri dan kawan-kawan, mereka mampu menahan gempuran tersebut hingga turun minum. Kedua tim masih sama kuat 0-0.

Di babak kedua Uzbekistan sangat mendominasi permainan. Timnas Indonesia U-20 dikurung sehingga sulit sekali melakukan serangan.

Untungnya pertahanan Timnas Indonesia U-20 cukup kokoh. Alhasil, Uzbekistan juga sulit membobol gawang Daffa Fasya meski banyak peluang emas yang didapat.

Memasuki menit 82, tuan rumah nyaris menjebol gawang Indonesia. Melepaskan tendangan keras dari luar kotak, Esanov hampir mengubah papan skor jika saja bola tidak dimentahkan mistar gawang.

Pergantian pemain pun dilakukan oleh pelatih Shin Tae-yong. Hokky Caraka dan Ronaldo Kwateh ditarik keluar dan digantikan Rabbani Tasnim dan Alfriyanto Nico.

Namun, masuknya dua penyerang tersebut tak mampu mengubah peta permainan. Indonesia tak juga mampu keluar dari tekanan yang datang bertubi-tubi.

Hingga laga usai, skor kacamata tetap bertahan, dan Indonesia dipastikan gagal melaju ke babak perempat final.

Susunan Pemain

Uzbekistan U-20 (4-4-2): Otabek Boymurodov; Pulatov Izzatillo, Abdukodir, Utamurodov Javokhir, Abubakir Ashurof; Pulatkhuja Kholdorkhorov, Rakhmonaliev, Abbosbek Fayzullev, Ortikboev; Saidafzalkhon, Esanov Sherzod.

Pelatih: Ravshan Khaydarov.

Timnas Indonesia U-20 (4-3-3): Daffa Fasya; Dzaky Asyraf, Muhammad Ferarri, Kakang Rudianto, Dony Tri Pamungkas; Arkhan Fikri, Achmad Maulana Syarif, Robi Darwis; Hugo Samir, Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh.

Pelatih: Shin Tae-yong.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini