Beranda Olahraga Ilmuan Buktikan Messi Lebih Hebat Ketimbang Ronaldo

Ilmuan Buktikan Messi Lebih Hebat Ketimbang Ronaldo

Lionel Messi - foto istimewa detik.com

Selama ini perdebatan tentang siapa yang terbaik antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu sulit dijelaskan. Ilmuwan datang, dan membuktikan La Pulga lebih baik.

Messi, striker Barcelona, dan Ronaldo, eks bintang Real Madrid yang kini berseragam Juventus, merupakan dua pemain terbaik dalam kurun satu dekade terakhir. Keduanya sama-sama mengoleksi lima gelar Ballon d’Or, sebelum dominasi mereka diputus Luka Modric tahun lalu.

Dilansir dari detik.com, Institut Pendidikan dan Penelitian Universitas Katolik Leuven, Belgia, meneliti performa Messi dan Ronaldo di liga selama lima tahun. Hasilnya, Messi yang terbaik.

Profesor Jesse Davis menjelaskan, biasanya pesepakbola hanya diukur oleh gol dan assist. Penelitian yang dilakukannya pun lebih menyeluruh, yakni hingga menyentuh tembakan, umpan, dan jumlah tekel.

Menggunakan metode Valuing Actions by Estimating Probalities (VAEP), penilaian dihitung untuk menentukan berapa banyak pemain terlibat dalam sebuah pertandingan agar mendapat gambaran yang lebih lengkap.

“Nilai pesepakbola sering ditentukan oleh gol dan assist. Gol adalah momen yang jarang, sebab ada rata-rata 1.600 aksi yang diperkirakan terjadi dalam setiap pertandingan,” jelas Profesor Davis.

Hasilnya, Messi punya skor VAEP 1.21 per laga. Skor itu dua kali lipat dari Ronaldo, yang cuma mengoleksi 0.61.

Dijelaskan terpisah oleh mahasiswa tingkat doktoral Tom Decroos, skor Messi dan Ronaldo sempat berdekatan di musim pertama atau 2014/2015. Namun sejak 2015/2016, Messi mulai menjauh meninggalkan Ronaldo.

“Kami melihat keseimbangan pada sebagian besar pemain sepak bola: apakah mereka melakukan banyak tindakan dengan nilai yang kurang tinggi, apa yang terjadi pada Paul Pogba misalnya, misalnya,” jelas Decroos.

“Atau Anda punya pemain yang cenderung menendang bola, tetapi yang memiliki dampak besar. Itu tipikal striker seperti Harry Kane, Mohamed Salah dan Ronaldo.”

“Messi luar biasa di bidang ini: pemain Argentina ini memiliki jumlah aksi yang sangat tinggi dan mereka juga memiliki nilai yang tinggi,” ungkap Decroos.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini