Beranda Pemerintahan HUT Ke-496 Kabupaten Serang, Bupati Tatu Fokus Peningkatan IPM

HUT Ke-496 Kabupaten Serang, Bupati Tatu Fokus Peningkatan IPM

Foto Bersama Usai Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Serang dalam Rangka Memperingati HUT Ke-496 Kabupaten Serang pada Sabtu (8/10/2022). Foto: Istimewa

KAB. SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku pihaknya memprioritaskan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Serang. Indikator-indikator untuk menaikan IPM yakni dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Ratu Tatu Chasanah dalam konferensi pers peringatan HUT ke-496 Kabupaten Serang pada Sabtu (8/10/2022).

“Kami terus fokus terhadap indikator-indikator IPM ini baik itu dalam pendidikan, kesehatan kemudian juga daya beli masyarakat. Angka-angka ini semakin meningkat tentunya ini tolak ukur yang semakin baik yaitu dengan kata lain sejahtera yang kita tuju,” ujar Tatu.

Untuk Pemkab Serang, tahun 2022 menjadi tahun kedua pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 yang difokuskan untuk meningkatkan IPM Kabupaten Serang.

IPM Kabupaten Serang mengalami peningkatan setiap tahunnya, antara lain sebesar 66,38 poin pada tahun 2019, 66,7 poin tahun 2029, dan 66,82 poin tahun 2021.

Meskipun mengalami peningkatan, Tatu mengakui masih banyak hal yang harus dibenahi dalam tiga bidang tersebut.

“Jadi tingkat pendidikan terus kita perbaiki karena kita tahu bahwa indikator IPM Kabupaten Serang ini rata-rata sekolah kita masih punya PR untuk terus meningkatkan, kalau di bidang kesehatan kita juga baik, di ekonomi tentunya,” kata Tatu.

Tatu menjelaskan di bidang ekonomi untuk mendongkrak IPM, pihaknya terus mendorong para pegiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bangkit dan melakukan sinergitas dengan perusahaan-perusahaan baik di bidang industri maupun pariwisata di Kabupaten Serang.

“Ikhtiar kami apalagi pasca pandemi Covid-19 dalam rangka pemulihan ekonomi, kegiatan-kegiatan UMKM di tengah-tengah masyarakat yang terus kita dorong, tentunya perusahaan-perusahaan baik industri pariwisata di Kabupaten Serang terus kita backup supaya semakin menguat,” ucap Tatu.

Perayaan hari jadi Kabupaten Serang ke-496 mengusung tema “Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat dan Kerja Nyata untuk Kabupaten Serang yang Lebih Sejahtera”.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini