Beranda Bisnis Hindari Kerumunan, Toko Mitra Tani Banten Gandeng Ojol

Hindari Kerumunan, Toko Mitra Tani Banten Gandeng Ojol

Dalam rangka memberi kemudahan dan menerapakan protokol Covid-19, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Banten menggandeng ojek online (Ojol) Gojek dalam transaksi pemesanan bahan pangan di toko mitra tani

SERANG – Dalam rangka memberi kemudahan dan menerapakan protokol Covid-19, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Banten menggandeng ojek online (Ojol) Gojek dalam transaksi pemesanan bahan pangan di toko mitra tani atau Toko Tani Indonesia Center Daerah (TTICD). Melalui layanan GoFood, pelanggan kini bisa membeli bahan makanan pokok di lokasi toko Mitra Tani dengan gratis ongkos kirim.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Keterjangkauan Pangan DKP Provinsi Banten, Budiyana memaparkan, untuk mengakses layanan ini konsumen cukup membuka aplikasi Gojek, masuk ke pilihan fitur GoFood dan masukan kata kunci Pasar Mitra Tani atau TTICD Banten ke dalam kontak pencarian (search). Konsumen bisa memilih berbagai jenis bahan pangan yang ada dalam Toko Mitra Tani/TTICD Banten lalu akan diantarkan ke lokasi pemesan.

“Biaya pengantaran belanja di Mitra Tani/TTICD Banten gratis hingga Rp20 ribu untuk minimum pembelian Rp40 ribu,” kata Budi saat menyampaikan laporannya dalam Peresmian Layanan Aktivasi Pasar Mitra Tani/TTICD Banten Menggunakan Aplikasi GoFood, di TTICD Banten, Jl Raya Serang–Cilegon KM.3, Drangong, Legok, Kota Serang, Rabu (7/10/2020).

Sementara itu Kepala DKP Provinsi Banten Aan Muawanah mengatakan, kerja sama tersebut merupakan fungsi dari ketahanan pangan, yakni memastikan stabilitas harga pangan, ketersediaan stok, hingga akses pangan yang terjangkau bagi masyarakat. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, kualitas pangan yang baik dan kemudahan mendapatkan bahan pangan jadi sangat penting.

“Sebelumnya kita sudah mencoba sistem pesan antar pada konsumen sebagai upaya jemput bola ke pelosok mengedarkan bahan pangan,” tambah Aan dalam sambutannya, usai menandatangani dokumen perjanjian kerja sama antara DKP Banten dengan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek).

Menurut Aan, pengiriman melalui gojek merupakan strategi memanfaatkan teknologi dan informasi untuk memenuhi adaptasi kebiasan baru. Selain untuk mengantisipasi distribusi pangan dan mendukung kebijakan pemerintah terkait social distancing, kerja sama ini juga bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan penghasilan tambahan bagi driver ojek online di Banten.

“Peran Gojek sebagai penyedia layanan transaksi digital terdepan jadi sebuah kontribusi penting bagi masyarakat Banten saat ini, untuk membuka akses bagi semua orang terhadap bahan pangan sekaligus akses bagi pebisnis ke pasar,” jelasnya.

Head of Public Policy and Government Relations Gojek, Rully Rinaldi A menilai kolaborasi Gojek dengan pemerintah dalam mengakses bahan-bahan pangan berkualitas tersebut menjadi sebuah langkah strategis terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Kerja sama dengan Toko Mitra Tani/TTICD Banten ini tidak hanya membuka askses pasar bagi mitra-mitra toko tani/TTICD untuk memperkuat UMKM melalui perputaran roda perekonomian, tapi juga memberi dukungan pada program pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19 melalui layanan belanja daring yang tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Gojek juga telah mengembangkan beberapa inisiatif lainnya seperti pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay dan Paylater. Kami juga mengupayakan pengiriman tanpa kontak fisik langsung melalui layanan GoShop dan GoSend serta GoMart,” ujarnya.

Acara yang dihadiri beberapa stakeholder terkait seperti perwakilan dari BUMD Provinsi Banten, Bulog Drive DKI Jakarta, Dinas Pertanian Kota Serang, dan jajaran direksi PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa beserta beberapa driver gojek ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

(Dhe/Red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini