Beranda Bisnis 2019 Gagal Target, Pemkot Serang Klaim Dongkrak Investasi Masuk Tahun Ini

2019 Gagal Target, Pemkot Serang Klaim Dongkrak Investasi Masuk Tahun Ini

Kepala DPMPTSP Kota Serang Mujimi. (Ade/bantennews)

SERANG – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu pintu (DPMPTSP) Kota Serang Mujimi mengatakan, tahun ini pihaknya menargetkan investasi yang masuk ke Kota Serang Rp4,5 triliun. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya, yakni Rp4 triliun dengan pencapaian investasi sekitar Rp3 triliun.

Selain itu, dengan adanya peningkatan investasi yang masuk, hal ini juga dapat berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Serang.

“Jadi tahun 2020 ini kami ingin menargetkan Rp4,5 triliun untuk investasi dan tentunya dapat meningkatkan PAD juga yang masuk ke Kota Serang. Kalau 2019 kemarin kan tercatat tidak tercapai, dari target yang seharusnya Rp4 triliun, hanya bisa mencapai Rp3 triliun saja,” ucapnya, Kamis (6/2/2020).

Pihaknya pun akan mengubah sejumlah prosedur yang selama ini dinilai kurang aktif. Ia menjelaskan, pada tahun lalu, sebenarnya bukan tidak tercapai, akan tetapi terkendala terhadap teknis perizinan. Bila sebelumnya, investor membangun terlebih dahulu baru mengurus perizinan.

“Namun, sekarang mengurus perizinan dulu baru membangun. Jadi nanti ada pengawas dan pengendalian (Wasdal) dan kami catat dulu jumlah investasinya,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, banyak investasi yang mengajukan tidak sesuai dengan zonasi, sehingga investasi tersebut tidak dilanjutkan di Kota Serang.

“Maka dari itu, sekarang ini kami akan lihat dan sesuaikan zonasinya. Karena Wasdal ini kan sifatnya antisipasi, untuk meminimalisir ketidaksesuain tersebut, maka akan kami ubah,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ