Beranda Kampus Hasil Pilrek 2023, Untirta Dinilai Butuh Sosok Rektor Baru

Hasil Pilrek 2023, Untirta Dinilai Butuh Sosok Rektor Baru

Tiga calon rektor Untirta periode 2023-2027.
Tiga calon rektor Untirta periode 2023-2027.

SERANG – Hasil Pemilihan Rektor atau Pilrek Untirta untuk masa jabatan 2023-2027 telah menetapkan tiga besar. Dari tiga nama yang muncul menggambarkan Civitas Akademika Untirta membutuhkan sosok baru.

Hasil Pilrek yang dilakukan 42 senat di Convention Hall Untirta, Selasa 30 Mei 2023 incumbent Prof Fatah Sulaiman mengumpulkan 17 suara. Perolehan suara tersebut disusul Dr Aceng Hasani dan Prof Ahmad Sihabudin masing-masing 11 suara.

Hasil ini berbanding terbalik pada perolehan suara Pilrek incumbent Prof Sholeh Hidayat pada periode kedua periode 2015-2019 dengan memperoleh 24 suara atau di atas 50 persen.

“Hasil Pilrek yang menetapkan tiga besar menunjukkan, Untirta membutuhkan nahkoda atau rektor baru,” ujar Alumni Untirta Tb Adam Ma’rifat.

Mantan Presiden Mahasiswa Untirta itu mengungkapkan, raihan suara senat yang diperoleh Dr Aceng Hasani dan Prof Ahmad Sihabudin, ditambah tidak dominannya suara incumbent atau di bawah 50 persen bisa merepresentaskan ketidakpuasan.

“Walaupun keputusan akhir ada di Mendikbud (Menteri Pendidikan). Tapi, ini jadi gambaran lemahnya kepemimpinan atau realisasi visi dan misi incumbent (Fatah Sulaiman-red),” terangnya.

Sementara itu, melalui siaran persnya, Ketua Ikatan Alumni Untirta, Asep Abdullah menganggap, dari ketiga calon rektor hasil pemilihan senat, Dr Aceng Hasani merupakan figur yang layak, kompeten, tepat dan siap untuk memimpin rektor.

Selain memiliki kemampuan leadership dan managerial mumpuni, ini telah dibuktikan pada saat mengemban jabatan sebagai Dekan FKIP dan Wakil Rektor Untirta akan membawa stabilitas dan kondusifitas selama memimpin di Untirta.

Kata dia, latar belakang keilmuannya dibidang pendidikan sangat tepat dan efektif untuk mengembalikan kembali posisi Untirta pada khittahnya sebagai lembaga pendidikan yang akan memberikan menfaat luas baik bagi mahasiswa, lembaga, dosen, pemerintah maupun bagi masyarakat.

“Terlebih posisi Dr Aceng Hasani sebagai putra daerah banten dan merupakan Alumni Untirta memiliki kecintaan extra terhadap Untirta dibandingkan dengan figur lain,” katanya.

“Hal mana dalam kurun waktu 42 Tahun sejak berdirinya Untirta sejak tanggal 1 Oktober 1980 sampai dengan saat ini di tahun 2023 belum pernah ada Alumni Untirta yang menjadi Rektor Untirta,” tambah Asep Busro.

Kata Asep, apabila Dr Aceng Hasani sebagai Alumni Untirta dipilih oleh Bapak Nadiem Makarim selaku Mendikbud RI maka akan tercatat dalam tinta emas sejarah perjalanan Untirta yang akan selalu dikenang dan membanggakan seluruh alumni dan civitas akademika Untirta serta masyarakat Banten.

Usai pemilihan, Ketua Senat Untirta, H.E.R. Taufik menyampaikan setelah diadakan pemilihan yang cukup demokratis, lancar dan kondusif. Seluruh yang hadir terlihat berbahagia dalam mencari sosok calon pemimpin di Untirta.

Ia menjelaskan, jika hasil ini bukan hasil akhir karena masih ada tahapan selanjutnya di Kemendikburistek, dan penetapannya menjadi kewenangan Mendikbudristek.

“Tiga calon sudah terpilih. Kami akan menyampaikan ke Kementerian dan urutannya bukan berdasarkan suara tapi bersasarkan nama abjad. Kami (senat dan panitia) akan menyampaikan laporan ke Menteri,” katanya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini