Beranda Advertorial Hasbi Sidik Ajak Masyarakat Lakukan Ini Setelah Ramadan

Hasbi Sidik Ajak Masyarakat Lakukan Ini Setelah Ramadan

Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik saat menjadi khatib Idul Fitri di Masjid Al Musyawarah, Kelurahan Kubangsari. (Ist)

CILEGON – Momentum bulan suci Ramadan yang baru saja dilalui sejatinya dapat menjadi bekal dan pembelajaran bagi seluruh umat muslim dalam meningkatkan kualitas dan kadar keimanan pada 11 bulan ke depan.

Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik menuturkan bahwa perilaku hidup yang sudah terlatih selama satu bulan penuh tersebut sesungguhnya telah menjadi sarana penting bagi umat dalam menggapai ketakwaan.

“Ramadan sudah memberikan stimulus melalui kebiasaan kita melakukan qiyamul lail, tadarus, bersedekah dan bentuk-bentuk amal lainnya. Kalau sudah terlatih, jadi tinggal diaplikasikan pada 11 bulan ke depan. Ini menjadi salah satu pesan Idul Fitri yang saya sampaikan saat menjadi khatib di Masjid Al Musyawarah di Kubangsari kemarin,” ujarnya, Minggu (23/4/2023).

Warga dari berbagai lingkungan bersilaturahmi bersama Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik. (Ist)

Dipaparkan Hasbi, dengan meneladani sabda Rasullah SAW saat pertama kali masuk Kota Madinah, banyak langkah yang dapat dilakukan umat muslim guna membuka pintu-pintu surga sebagai referensi setelah khidmat menunaikan ibadah puasa. Salah satunya yakni dengan rajin menebarkan salam untuk mempererat hubungan persaudaraan dan kasih sayang sesama muslim.

“Dengan menebar salam, seorang muslim sudah menebar kebaikan dan keselamatan. Puasa itu telah mengajarkan kita bagaimana rasa lapar seperti yang dialami orang yang kurang beruntung, maka berilah makan. Maka kita diajarkan soal kepedulian sosial, terutama kepada fakir miskin,” imbuhnya.

Lebih lanjut Hasbi menjelaskan, memperpanjang tali silaturahmi menjadi kunci keutamaan lainnya yang disampaikan Rasulullah SAW untuk mempermudah umatnya masuk pintu surga dengan selamat. “Yang tidak kalah pentingnya adalah mengaplikasikan kebiasaan kita salat malam di saat yang lain tertidur lelap pada 11 bulan ke depan setelah Ramadan,” jelasnya.

Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik dan keluarga besar ziarah kubur ke sejumlah makam kerabatnya. (Ist)

Pasca Ramadan, ziarah kubur menjadi tradisi politisi Gerindra ini bersama kerabatnya di sebuah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di RT 03 RW 01 Lingkungan Penauan, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

“Karena dengan berziarah kubur pada orang yang telah mendahului kita dan mendoakannya, itu juga adalah bentuk lain dari upaya untuk memperpanjang silaturahmi,” tutupnya.

(Advertorial)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini