Beranda Pendidikan Hari Pertama Pendaftaran, Server PPDB SMA di Banten Error

Hari Pertama Pendaftaran, Server PPDB SMA di Banten Error

Tangkap layar web PPDB Banten 2021 yang error.

 

SERANG – Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) untuk SMA secara online kembali bermasalah. Pasalnya, calon siswa SMA tak bisa masuk (login) ke dalam website ppdb.bantenprov.go.id yang merupakan situs resmi PPDB SMA/SMK tahun ajaran 2021/2022.

Diketahui, PPDB untuk SMA dimulai hari ini, Senin (21/6/2021) hingga, Rabu (23/6/2021). Sedangkan untuk PPDB SMK sudah dibuka yaitu pada14 hingga 18 Juni 2021 kemarin.

Informasi yang dihimpun, berdasarkan jadwal, PPDB secara online dimulai pukul 23.59 WIB. Namun, website baru aktif dan bisa diakses pukul 00.30 WIB.

Salah seorang wali murid, Irawan mengaku, dirinya telah mengakses website tersebut. Namun ketika akan memasukan data anaknya selalu gagal.

“Error pertama saat hendak memasukkan dokumen Surat Keterangan Lulus. Dokumen yang dimasukkan selalu gagal diunggah tanpa ada penjelasan penyebabnya,” kata Irawan kepada BantenNews.co.id, Senin (21/6/2021).

Bahkan, lanjutnya, website kembali error ketika dirinya memasuki tahapan memilih sekolah yang dituju.

“Web kembali mengalami error saat hendak memasuki tahap memilih sekolah yang dituju. Layar web berulangkali menampilkan pesan error,” ujarnya.

Senada, Ita juga mengaku tak bisa mengakses website PPDB milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten. “Kalau buka halaman utama bisa, tapi saat mau ke tahap selanjutnya error,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan kondisi web masih error dan panitia PPDB SMA belum dapat dimintai keterangan.

,Diberitakan sebelumnya TakIngin Sistem Down Saat Pembukaan PPDB, Dindikbud Banten Siapkan Infrastruktur Penunjang Dindikbud Provinsi Banten terus melakukan persiapan. Salah satunya mengenai infrastruktur jaringan.

Hal itu dilakukan sebagai antisipasi terjadinya sistem down akibat banyaknya pengunjung saat pendaftaran PPDB online.

Kepala Dindikbud Provinsi Banten, Tabrani mengatakan, pihaknya berupaya melengkapi aplikasi pendaftaran PPDB online dengan infrastruktur yang memadai.

“Inysa Allah (infrastruktur) bisa mengkafer dari jalannya aolikasi. Niatan kita ingin lebih baik. Namun, lagi-lagi, namanya aplikasi kan buatan manusia, pasti tak akan sempurna,” kata Tabrani.

Meski begitu, lanjut Tabrani, dari sisi infrastruktur jaringan, dirinya mengklaim hal itu lebih baik dibandingkan pelaksanaan PPDB tahun-tahun sebelumnya.

“Tapi infrastrukturnya kita sipakan lebih baik, sudah kami siapkan dan sudah kami pastikan. Kami antisiapsi ketika down bahkan kalau daerah blank spot siswa bisa datang ke sekolah (daftar secara manual),” ujarnya.(Fau/Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini