Beranda Bisnis Harga Meroket, Emak-emak di Cilegon Serbu Operasi Pasar Minyak Goreng Murah

Harga Meroket, Emak-emak di Cilegon Serbu Operasi Pasar Minyak Goreng Murah

Operasi Pasar Minyak Goreng Murah di Kantor Kecamatan Purwakarta, Selasa (15/2/2022) - Foto istimewa

CILEGON – Harga minyak goreng hingga kini masih cukup tinggi di Pasaran. Guna menyetabilkan harga, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon bekerjasama dengan Bulog Cabang Serang menggelar Operasi Pasar Minyak Goreng Murah di Kantor Kecamatan Purwakarta, Selasa (15/2/2022).

Operasi pasar ini sebagai upaya membantu masyarakat untuk mendapatkan minyak goreng dengan harga terjangkau guna kebutuhan sehari-hari.

Kepala Cabang Bulog Serang, Budhi Indrawan mengatakan Operasi Pasar Minyak Goreng Murah itu sudah dijadwalkan sejak Senin di Kecamatan Cibeber.

“Hari ini kita Operasi Pasar di Kecamatan Purwakarta. Ini terkait dengan harga minyak goreng. Kita juga menyediakan gula dimana belakangan ini harganya tinggi,” ujar Budhi ditemui di lokasi.

Dia menyatakan bahwa minyak goreng yang dijual sesuai dengan ketetapan harga pemerintah yakni Rp14.000 per liter.

“Kita jual per liter Rp14 ribu untuk minyak goreng, gulanya Rp12 ribu per kilo,” ungkapnya.

Dia menyatakan untuk saat ini di Kecamatan Purwakarta sudah habis sekitar 300 paket, kurang lebih 600 kilogram gula dan 600 liter minyak.

“Saat ini kita menunggu kiriman berikutnya, rencana kita kurang lebih sekitar 1.000 paket,” katanya.

Untuk sementara Operasi Pasar Minyak Goreng Murah itu dilaksanakan di dua kecamatan. Untuk kecamatan lainnya di Kota Cilegon menyusul.

“Saat ini baru terkonfirmasi di dua kecamatan. Kami nanti akan koordinasi lagi dengan Disperindag Kota Cilegon apakah akan dilakukan untuk titik kecamatan yang lain atau seperti apa,” katanya.

Dalam operasi Pasar Minyak Goreng Murah itu, lanjutnya, warga dibatasi hanya dua paket. “Untuk pembelian, kita maksimal 2 paket untuk satu orang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan pada Diseperindag Kota Cilegon, Ema Hermawati mengatakan operasi Pasar Minyak Goreng Murah itu sebagai upaya menstabilkan harga.

“Kegiatan ini kita kerja sama dengan Bulog untuk operasi pasar minyak dan gula, karena memang minyak dan gula sekarang ini susah didapatkan khususnya minyak. Padahal pemerintah sudah mengatur HET (Harga Eceran Tertinggi) untuk minyak goreng yang premium itu 14 ribu per liter,” katanya.

Ema menyatakan untuk kecamatan lain di Kota Cilegon nanti diprogramkan lagi disesuaikan dengan persediaan yang ada di Kantor Cabang Serang.

“Saya sendiri dari pihak Disperindag punya keinginan semua kecamatan mendapatkan, tapi kita sesuaikan dengan stok yang ada di Bulognya apakah bisa mencukupi kebutuhan seluruh kecamatan? Kalau pun tidak kita akan mengadakan lagi besok atau lusa di kecamatan yang belum,” katanya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini