Beranda Gaya Hidup Hal Tentang Dirimu yang Tak Perlu Disesali, Jalani Saja!

Hal Tentang Dirimu yang Tak Perlu Disesali, Jalani Saja!

108
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Banyak hal yang terkadang memang membuat kita kecewa dalam hidup ini. Entah kegagalan dalam bisnis, keluarga ataupun dalam sebuah hubungan.

Namun satu hal yang harus kita ingat, itu semua bukan untuk disesali. Justru hal itu harus menjadi pelajaran yang kita ambil untuk menjadi lebih baik lagi.

Kegagalan bukan berarti dirimu lemah. Hanya saja kehidupan sedang mengajarkanmu pelajaran yang berharga. Oleh karena itu, gak seharusnya kamu menyesali dirimu sendiri.

1. Menjadi dirimu sendiri

Kamu adalah sebuah kepribadian yang unik. Kamu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Cara pandangmu terhadap dunia ini pun begitu indah dan berbeda dari orang lain. Jangan biarkan penilaian orang lain tentang dirimu menjadi sandaran dalam hidup. Hal itu justru akan membuat hidupmu gak menyenangkan.

Apapun keputusan hidup yang telah kamu ambil, jangan pernah menyesalinya. Meskipun terkadang keputusan yang kamu ambil itu keliru. Jika orang lain tidak bisa menerima kamu apa adanya, itu bukan urusanmu. Artinya mereka memang tidak layak menjadi bagian dari hidupmu.

2. Menjalani mimpi

Kebahagiaan adalah tentang menjalani mimpi yang kita harapkan. Apapun mimpi yang kamu miliki, fokuslah dalam meraihnya. Pasti akan selalu ada rintangan dan halangan dalam perjalananmu meraih mimpi. Jangan biarkan hal itu menjatuhkanmu.

Akan banyak orang yang menentang dan bersikap pesimis dengan impianmu. Tapi satu hal yang harus diingat, dirimulah yang bertanggung jawab atas semua mimpi-mimpimu. Fokus dan lakukan saja mimpimu.

Karena saat kamu sukses nanti, hal itulah yang akan berbicara lebih lantang dan jadi bukti atas prasangka orang lain.

3. Mengambil waktu untuk menyendiri

Rutinitas terkadang membuat dirimu merasa lelah dan hampa. Saat itu terjadi, kamu hanya butuh waktu untuk menyendiri. Melakukan hal-hal yang disenangi sendirian alias me timesangatlah penting untuk kembali menyeimbangkan kehidupanmu.

4. Mengakhiri sebuah hubungan yang tidak sehat

Hubungan asmara tak selamanya baik bagi diri kita sendiri. Kadang hal tersebut justru menjadi sebuah racun dalam kehidupan kita. Banyak orang yang tetap bertahan dalam sebuah hubungan yang tidak sehat. Mereka takut untuk melepaskannya karena tak ingin sendiri, atau karena sudah terlalu lama dalam hubungan.

Padahal pasangannya sudah tak menghargainya lagi, bahkan mengkhianatinya. Namun jika kamu bisa lepas dari hubungan yang tidak sehat itu, dan sekarang menjadi sendiri. Hal itu bukan yang harus kamu sesali. Bahkan kamu harus mensyukurinya. Kamu pantas mendapatkan yang lebih baik lagi.

5. Ketidaksempurnaan dirimu

Gak ada manusia yang sempurna. Kita semua memiliki kelemahan masing-masing. Menerimanya justru menjadikanmu seseorang yang spesial. Karena kamu bisa menerima dirimu apa adanya.

Tugas kita bukanlah fokus dengan kelemahan yang kita miliki. Kita hanya butuh menjadi versi terbaik dari diri kita. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain, karena hal itu hanya akan membuatmu lelah dan menderita. Kamu spesial dengan menjadi dirimu sendiri.

6. Mengatakan tidak

Banyak orang menderita karena selalu saja mengikuti apa yang dikatakan orang lain. Kadang kita takut untuk mengatakan tidak, saat orang lain meminta bantuan. Padahal diri kita sendiri sedang berada dalam situasi yang tidak memungkinkan.

Kita merasa segan kepada orang lain, di sisi lain kita tidak melihat kondisi diri sendiri. Membantu orang lain memang perlu, namun kamu juga harus mampu menilai kondisi sendiri. Kamu harus mampu menghargai dan mencintai diri sendiri, dan itu bukanlah keegoisan.

Jika kamu telah melakukan hal-hal di atas, kamu gak perlu menyesalinya. Kamu juga berhak bahagia dengan dirimu sendiri. (Red)

Sumber : IDN Times