Beranda Gaya Hidup Hal-hal yang Harus Berhenti Kamu Harapkan dari Orang Lain

Hal-hal yang Harus Berhenti Kamu Harapkan dari Orang Lain

124
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Pemberi harapan palsu (PHP) itu sebenarnya tidak ada sih, tapi kitanya saja yang terlalu menaruh harapan ke orang lain.

Bagaimanapun terlalu berharap, atau terlalu berekspektasi, seringkali berakhir tidak sesuai harapkan.

Ini berlaku baik untuk kejadian maupun orang lain. Namun kali ini, dilansir dari IDN Times perkembangan kepribadian, inilah 7 hal yang harus berhenti kamu harapkan dari orang lain!

Baca Juga :
loading...

1. Berhentilah berharap mereka setuju denganmu

Setiap orang punya alasan untuk percaya dan meyakini sesuatu. Terlepas logis ataupun tidak alasannya, mereka tidak akan selalu bisa setuju denganmu karena pikiran dan hati nurani setiap orang berbeda-beda. itu di luar kontrolmu dan tidak bisa kamu paksakan.

2. Berhentilah berharap mereka menghargaimu sebagaimana kamu menghargai mereka

Seperti pepatah lama yang berkata “jangan berharap seekor singa tidak akan memakanmu, hanya karena kamu tidak memakan singa tersebut”. Perasaanmu terhadap orang lain tidak selalu berlaku sama sebaliknya, terimalah kenyataan itu.

3. Berhentilah berharap (dan menginginkan) mereka menyukaimu

Kamu akan merasa tertekan seumur hidup kalau kamu selalu berusaha membuat orang menyukaimu. Suka atau tidaknya seseorang, itu di luar kontrolmu. Yang perlu kamu lakukan hanya yang terbaik dan apa adanya dari hatimu, agar kamu tidak terbebani dan mengalir begitu saja.

4. Berhentilah berharap mereka bersedia sesuai dengan gambaranmu tentang mereka

Kamu memang boleh saja menilai orang lain sesuai pandanganmu dan bahkan menyampaikan itu kepada orangnya langsung. Namun apakah mereka akan menjadikan itu sebagai pelajaran introspeksi, apakah mereka akan menyetujui penilaianmu atau menolaknya begitu saja? Itu sepenuhnya hak mereka.

5. Berhentilah berharap mereka tahu apa yang kamu pikirkan

Lawan bicaramu itu manusia biasa, anggap saja begitu walaupun misalnya ada yang berkemampuan super. Mereka semua tidak bisa membaca pikiranmu, karena itu kamu harus mengomunikasikan yang kamu pikirkan. Jangan berharap orang lain untuk peka kalau kamu bahkan belum mengomunikasikan maksudmu.

6. Berhentilah berharap mereka tiba-tiba berubah

Kadang perubahan butuh waktu dan kadang perubahan bisa terjadi secara instan, yang jelas semua itu tidak pasti. Jadi daripada kamu berharap akan sesuatu yang tidak pasti, lebih baik kamu menghadapi kondisi yang ada sekarang.

7. Berhentilah berharap mereka baik-baik saja, sehingga kamu pikir akan lebih santai menanggapi mereka

Setiap orang punya jalan hidupnya masing-masing, punya masalah hidup, punya beban, punya trauma, punya fobia dan semacamnya. Jangan berharap mereka baik-baik saja sehingga kamu bebas mengekspresikan apapun yang kamu pikirkan. Kamu harus mengenal lebih dekat lawan interaksimu dan segera meminta maaf ketika kamu membuat dirinya tersinggung.

Semakin kamu mampu untuk tidak berharap banyak, semakin kamu bisa menjalani hidup ini dengan bahagia. Kekecewaan lahir sering kali karena ekspektasi yang tinggi. Jadi jalani hidupmu sebagaimana seharusnya, dengan mengalir mengikuti prosesnya begitu saja. (Red)

loading...