Beranda Gaya Hidup Orang yang Suka Tidur Larut Malam Ternyata Lebih Cerdas  

Orang yang Suka Tidur Larut Malam Ternyata Lebih Cerdas  

45
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Mungkin pernah mendengar anggapan yang mengatakan bahwa orang cerdas itu identik dengan kebiasaan tidurnya yang larut malam. Anggapan ini pun sudah tersebar sejak dulu, ada yang percaya dan ada pula yang membantah.

Sejak dulu, anggapan ini masih saja menjadi kontroversi yang diperdebatkan tidak hanya oleh orang biasa saja, melainkan lara ilmuan juga. Berangkat dari perdebatan itu, akhirnya beberapa ilmuan mencoba untuk mencari jalan keluar atau kesimpulan yang tepat berdasarkan penelitian panjang.

Dilansir dari laman Boldsky, ada beberapa ilmuan yang telah memecahkan masalah ini dan mengabadikannya dalam sebuah studi yang berjudul Why Nights Owl are More Intelligent.

Dalam studi itu, para ilmuan menemukan temuan-temuannya selama penelitian. Alhasil, mereka percaya dan mengatakan bahwa orangnyang tidur larut adalah orang cerdas benar adanya. Hal ini tidak hanya berlaku bagi orang dewasa saja, tapi juga anak kecil. Disebutkan bahwa orang yang tidur lebih larut biasanya memiliki prestasi yang tak disangka.

Tentunya penelitian itu bukanlah hasil satu-satunya. Sebab ada penelitian lain yang mengatakan hal senada, yakni dari University of Madrid yang telah melakukan survey kepada kurang lebih 1000 responden terkait kebiasaan tidur mereka. Dari hasil survey itu, ditemui bahwa orang yang tidur lebih larut ternyata punya kecerdasan intelektual lebih tinggi daripads orang yang tidurnya lebih awal.

Bahkan, setelah lulus kuliah, orang-orang yang terbiasa tidur larut justru bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih bergengsi. Tentu saja ini sebuah hasil yang tak terduga sebelumnya. Sebab, ternyata pola tidur pun bisa memengaruhi profesi dan karir seseorang.

Dengan hasil temuan itu, banyak yang mencoba untuk bisa tidur lebih larut agar mendapatkan kecerdasan di atas rata-rata, namun hasilnya nihil. Sebab, kebiasaan tidur larut itu tidak bisa direkayasa, tapi berjalan dengan sendirinya. Sehingga bagi orang yang ingin pintar, bukan semestinya untuk begadang, tapi melakukan cara lain yang bisa menunjang kepintarannya. (Red)

Sumber : doktersehat.com