Beranda Advertorial Hadir di Banten Book Fair 2023, DPK Banten Suguhkan Masyarakat Bentuk Visual...

Hadir di Banten Book Fair 2023, DPK Banten Suguhkan Masyarakat Bentuk Visual Sejarah Tanah Jawara

Kepala DPK Banten, Usman Asshiddiqi Qohara.
Kepala DPK Banten, Usman Asshiddiqi Qohara.

SERANG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten tengah menggelar Banten Booking Fair 2023. Seperti yang kita ketahui sebelumnya kegiatan Banten Book Fair 2023 ini berlangsung di halaman gedung DPK Banten.

Kegiatan yang rutin tahunan DPK ini berlangsung sejakSelasa, 16 Mei 2023 hingga Sabtu, 20 Mei 2023 mendatang.

Namun, Banten Book Fair 2023 ternyata memiliki sisi lain yang sangat menarik bagi masyarakat Banten yang mengunjungi kegiatan tersebut.

Salah satu sisi menarik dari kegiatan Banten Book Fair 2023 yang juga menjadi sorotan pengunjung adalah Pameran Kearsipan.

Pameran Kearsipan ini merupakan bagian bentuk visual potongan sejarah Tanah Jawara yang diperlihatkan oleh DPK Provinsi Banten.

Ya, Provinsi Banten yang secara geografis terletak di Barat Pulau Jawa terkenal juga dengan sebutan lainnya yakni Tanah Jawara.

Lewat Pameran Kearsipan ini, Kepala DPK Banten, Usman Asshiddiqi Qohara ingin fokus pada bagaimana masyarakat mengetahui sejarah perjalan sebuah daerah.

“Intinya sama saja (pameran kearsipan), ini agar masyarakat tahu bentuk sejarah Banten pada zaman dahulu lewat bentuk visual,” jelas Usman pada, Selasa, 16 Mei 2023.

Menurut Usman, lewat bentuk visual sejarah yang diperlihatkan menjadi sebuah bentuk informasi yang penting bagi masyarakat.

“Pada bagian ini memang yang sangat penting adalah sebuah informasi yang terdapat pada visual yg dipamerkan,” ujarnya.

Sementara, diketahui dari Pameran Kearsipan ini memperlihatkan sejumlah foto-foto yang mengandung nilai sejarah.

Foto-foto yang diperlihatkan pada Pameran Kearsipan ini seperti, foto sekelompok Bupati di Serang Jawa Barat, dan beberapa foto Goa peninggalan sejarah.

Kemudian, untuk melengkapi bentuk visual dalam memperlihatkan sejarah Provinsi Banten, DPK Banten juga menambahkan pemutaran film sejarah Banten.

Pemutaran film sejarah Banten itu dilakukan oleh seksi layanan dengan memanfaatkan arsip film yang terdapat di gedung teater gedung arsip DPK Banten.

Sebagai informasi, Kepala Bidang Perpustakaan Perpusda Banten, Evi Syaefudin menjelaskan bahwa kegiatan Banten Book Fair 2023 berlangsung dengan beberapa rangkaian acara.

Evi menyebutkan bahwa Banten Book Fair 2023 ini terdiri dari beragam rangkaian acara yang berbeda hingga Sabtu, 20 Mei 2023 mendatang.

“Bukan sekadar pameran buku saja, tapi ada juga talkshow, bedah film, bedah buku, dan kegiatan lainnya,” tutur Evi.

Demi memeriahkan semarak kegiatan Banten Book Fair 2023 ini, Evi juga menyebutkan bahwa pihaknya juga turut mengundang penulis ternama dan Duta Baca Indonesia yakni Gol A Gong.

Sementara, untuk penulis ternama yang direncanakan akan hadir dalam kegiatan Banten Book Fair 2023 tersebut adalah penulis buku Dilan dan juga Ancika, yakni Pidi Baiq. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini