Beranda Pemerintahan Hadapi Era Globalisasi Dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang Baik

Hadapi Era Globalisasi Dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang Baik

Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon menggelar Gebyar Kreatifitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2019

CILEGON – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon menggelar Gebyar Kreatifitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2019 sebagai ajang kreatifitas dan melatih sportifitas anak. Kegiatan digelar di Taman Jombang, Rabu (18/9/2019).

Berbagai macam kegiatan perlombaan dilakukan dalam acara tersebut. Ada sekitar 10 perlombaan seperti kegiatan kreatifitas, atraksi, demonstrari, pentas seni, dan pameran. Tema yang diusung kali ini Cerdas, Terampil dan Berkarakter.

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan anak PAUD dari berbagai PAUD Formal dan Non formal yang ada di delapan Kecamatan di Kota Cilegon. Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati diberi kesempatan untuk membuka acara tersebut. Turut hadir, Kepala Dindik Kota Cilegon Muhtar Gojali, serta pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Dindik Kota Cilegon.

Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati mengatakan, Pemkot Cilegon akan terus melakukan perhatian terhadap PAUD. Anak usia dini merupakan generasi penerus bangsa. Dalam menghadapi era globalisasi, negara di masa depan membutuhkan Sumber Daya Manusia (SMD) yang baik.

Lembaga PAUD di Kota Cilegon terdiri dari PAUD Formal dan PAUD non-formal saat ini berjumlah 265 satuan PAUD. “Pada Gebyar Kreatifitas PAUD ini ada 7 lomba untuk siswa-siswi dan 2 lomba untuk guru PAUD. Peserta 248 siswa-siswi, dan 32 Guru,” katanya dalam sambutan.

Menurut Ati, dalam rangka peningkatan kualitas anak Indonesia melalui pelayanan PAUD, diperlukan diperlukan upaya dengan berbagai unsur pemerintah, organisasi sosial, organisasi profesi, serta praktisi pendidikan, yang peduli dalam dalam program pembinaan PAUD.

Berbagai kegiatan dilakukan untuk menumbuhkan, menggugah, serta meningkatkan kesadaran peran serta masyarakat dalam terhadap pentingnya PAUD.

“Kerjasama kemitraan dilakukan dengan membangun jaringan di tingkat pusat maupun daerah. Sehingga, dalam meningkatkan layanan PAUD dapat terlaksana,” katanya.

Ati menjelaskan, Pemkot Cilegon terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas PAUD, salah satunya dengan melakukan Gebyar Kreatifitas PAUD. Gebyar Kreatifitas PAUD diharap memberikan stimulasi terhadap aspek tumbuh kembang anak dan memberikan kesempatan kepada anak usia dini maupun tenaga pendidik anak usia dini unjuk kebolehan.

“Pertumbuhan dan perkembangan otak mengalami peningkatan yang pesat pada usia dini, yaitu 0 sampai 5 tahun. Massa itu sering disebut sebagai fase Golden Age atau masa yang sangat penting untuk memerhatikan tumbuh kembang anak secara cermat, agar sedini mungkin dapat terdeteksi apabila terjadi kelainan,” jelasnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini