Beranda Hukum H-2 Lebaran, 396 Unit Kendaraan Mudik Diputarbalik

H-2 Lebaran, 396 Unit Kendaraan Mudik Diputarbalik

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

SERANG – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten terus melakukan Operasi Ketupat Kalimaya 2020 yang saat ini memasuki hari ke-28.

“Hasil Operasi Ketupat Kalimaya di hari ke-28, angka pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna lalu lintas tercatat 2 kali pelanggar yang diberikan sanksi tilang dan 51 pelanggar yang diberikan teguran,” kata Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (21/5/2020).

Wibowo menyebutkan dari hasil operasi ketupat saat ini, untuk angka kecelakaan lalu lintas terjadi 4 kali, korban yang meningal dunia 4 orang, luka berat 2 orang dan luka ringan 2 orang.

Sedangkan untuk giat Pendidikan Masyarakat Lalu Lintas (Dikmas Lantas) yang di lakukan Ditlantas Polda Banten dan jajaran meningkat dibanding tahun sebelumnya, yang mana saat ini tercatat sebanyak 7 kali melakukan kegiatan preventif dengan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat, serta sebanyak 10 kali kegiatan melakukan pemasangan spanduk/ baliho imbauan tertib lalu lintas.

“Selain giat preventif, upaya preventif pun mengalami peningkatan tercatat sebanyak 286 kali kegiatan pengaturan, 182 kali giat penjagaan, 16 kali giat pengawalan dan 145 kali melaksanakan giat Patroli,” ungkap Wibowo.

Lanjut Wibowo, dalam operasi ketupat kalimaya 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya, karena saat ini kegiatan tersebut dilaksanakan di masa pandemi Covid-19, yang mana pemerintah dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo melarang masyarakat untuk melangsungkan kegiatan mudik sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya kata Wibowo, menggelar pos penyekatan dan pos check point sebanyak 15 titik di sepanjang jalur arteri guna melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan mudik baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum sebagai wujud dukungan Polri atas adanya kebijakan pemerintah.

“Untuk jumlah kendaraan mudik yang diputarbalikan tercatat sebanyak 396 unit yang meliputi kendaraan pribadi 252 unit, kendaraan umum 12 unit dan sepeda motor 132 unit,” pungkasnya.

Sambung Wibowo, terkait gangguan Kamtibmas hari ini tercatat sebanyak 2 kali terjadinya kejahatan konvensional dan 2 kali kejahatan transnasional di wilayah hukum Polda Banten, sedangkan untuk kegiatan operasional di Pelabuhan Merak tercatat 17 kapal, trip 21 kali, penumpang sebanyak 39 orang, kendaraan R4 172 unit, kendaraan bus 3 unit, kendaraan truck 250 unit serta operasional di GT Cikupa tercatat 8.026 unit kendaraan yang melintas.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini