Beranda Pemerintahan Genjot PAD, Bapenda Kabupaten Tangerang Permudah Pembayaran Pajak

Genjot PAD, Bapenda Kabupaten Tangerang Permudah Pembayaran Pajak

Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

KAB. TANGERANG – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tangerang perlahan mengalami kenaikan. Kenaikan pajak daerah tertinggi bersumber dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Pajak Penerangan Jalan (PPJ).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja menuturkan bahwa animo membayar pajak masyarakat perlahan meningkat dikarenakan adanya keringanan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang disamping telah bangkitnya pertumbuhan ekonomi.

“Kami memberikan keringanan kepada masyarakat seperti adanya pembebasan denda pajak daerah dan juga pengurangan denda bagi para wajib pajak,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu (10/10/2021).

Dia menjelaskan bahwa keringanan pajak tersebut cukup membantu masyarakat dalam pembayaran pajak, dan menjadikan pembayaran pajak oleh para wajib pajak pun meningkat.

Sementara itu, Bapenda juga memberikan kemudahan dalam hal pembayaran melalui Bank bjb dengan berbagai tenant, seperti M-Banking, Internet Banking, SMS Banking, juga Alfamart, Indomaret ataupun E-Commers seperti Tokopedia, Bukalapak, Gopay, LinkAja dan Kantor Pos diseluruh Indonesia.

Dalam pemulihan ekonomi yang saat ini dilakukan, para pelaku usaha pun ikut merasakan kemudahan, salah satunya dengan Pemerintah Daerah yang bersinergi dengan Pemerintah Pusat memberikan alokasi hibah dana pariwisata kepada usaha restoran dan hotel yang terdampak pandemi. Dengan syarat seperti melampirkan tanda usaha pariwisata dan juga pembayaran pajak yang patuh sebelumnya.

Namun, tak dipungkiri dalam masa pandemi, beberapa sektor ikut terkena dampak, khususnya pada pajak hiburan, restoran dan juga parkir yang mengalami penurunan.

“Untuk mengupayakan hal tersebut, pada tahun 2020, Pemkab Tangerang melakukan refocusing penurunan PAD yang harus diimbangi dengan penurunan belanja daerah,” katanya.

Dalam upaya Pemerintah Kabupaten Tangerang, Kepala Bapenda tersebut berharap pertumbuhan ekonomi dapat bangkit kembali dengan dukungan masyarakat.

“Harapannya pertumbuhan ekonomi bangkit kembali dan masyarakat dapat mendukung hal tersebut dengan pemerintah terhadap penanggulangan Covid-19 ini supaya tumbuh kembang ekonomi dapat sejalan dengan penanggulangan ini,” harapnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini