Beranda Gaya Hidup Generasi Millennial Wajib Olahraga Loh, Ini Alasannya!

Generasi Millennial Wajib Olahraga Loh, Ini Alasannya!

87
0
Ilustrasi - foto istimewa Klikdokter.com

Generasi millennial identik dengan teknologi. Ritme hidup yang dikelilingi teknologi itu telah menyulap pada pola hidup serba cepat bahkan cenderung instan, seolah seluruh waktu tersita dan kesehatan terabaikan. Padahal, kalau dipikir-pikir tak butuh waktu lama hanya untuk berolahraga di sela-sela padatnya rutinitas serta aktifitas dengan gadgetnya dan lainnya.

Jangan sampai, generasi millennial yang dikenal gesit ini justru lamban karena tidak didukung oleh kondisi fisik yang baik. Jangan sampai pula label “masih muda kok badannya rapuh” menempel pada diri Anda.

Sebelum lebih jauh membahas soal olahraga apa yang cocok dan wajib dilakukan, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu bagaimana dunia millennials ini, mulai dari narsis hingga kepo dan nyinyir bahkan gapil di media sosial, seolah sudah wajar saja. Lalu, apa saja fakta gaya hidup para millennial ini? Berikut seperti dilansir cermati.com.

1. Kecanduan Gadget

Gadget sepertinya jadi tempat yang paling nyaman dituju dalam segala situasi dan kondisi, mulai dari merayakan momen bahagia hingga saat kesedihan melanda dan lainnya, semua ditumpahkan di media sosial. Tak heran, jika sebutan tak bisa hidup tanpa gadget pun seolah nyata ketimbang “tak bisa hidup tanpa kamu”.

Bagaimana tidak? Dengan gadget, segala informasi yang penting hingga berbagai hiburan bisa didapat dengan mudah. Hanya duduk manis atau sambil tiduran dengan santai pun bisa menemukan apa yang dicari atau hanya sekedar main game, maupun untuk berbisnis.

2. Suka Selfie

Dari berpuluh-puluh kali foto close-up, hanya satu saja yang lulus jadi foto andalan dan siap diposting (diunggah) di media sosial. Mulai dari pasang senyum termanis, fish gape (bibir seperti ikan) hingga duck face (wajah dengan bibir seperti bebek) pun dilakukan untuk menghasilkan pose yang diinginkan.

Tak peduli wajah pucat atau bibir pecah-pecah, untuk memperoleh hasil jepretan yang kece itu pun harus rela mengoleksi beraneka macam mekap (alat-alat rias wajah) agar wajah tampak segar.

3. Suka Mi Instan

Siapa yang tak suka mie instant? Sepertinya siapa pun akan tergoda dengan aroma khasnya. Bahkan saking melegendanya, sajian berbahan dasar mie ini pun jadi naik kelas. Terbukti dengan maraknya restoran atau “kafe gaul” yang menjual makanan ini sebagai menu utamanya.

Selain lezat yang belum tentu sehat, mi instan pun jadi menu favorit di sela-sela kesibukan sehari-hari. Bahkan saking praktisnya, dalam waktu yang mepet disempatkan sarapan mi instan, dan makan malam dengan mi instan pula karena kelelahan tapi perut lapar, ditambah lagi hobi kongko-kongko bersama teman di “kafe gaul” yang juga memesan menu mie instant karena ‘murmer’ (murah meriah).

4. Suka Wisata Kuliner

“Jepret”, begitulah sesaat ketika pesanan makanan tiba di atas meja untuk menghasilkan foto yang siap diunggah di status media sosial dan share location. Dengan begitu, diharapkan tak ‘kudet’ (kurang update) dengan makanan yang lagi hits, atau sekadar mendokumentasikan hobi.

Berburu makanan enak atau kekinian seolah jadi agenda wajib para millennial. Tak heran bila pebisnis banyak yang memanfaatkan momen ini untuk membuka usaha kuliner. Asal tampilan kece, nama nyeleneh, hingga rasa yang menantang, dan harga termurah, pasti akan banyak diburu oleh para millennial ini.

5. Suka Travelling

Tantangan serta petualangan, suasana baru, orang-orang baru, dan tempat-tempat baru, inilah yang banyak dituju kaum millennials. Bahkan, saking kecanduannya dengan travelling, berwisata pun akan selalu disempatkan setiap kali ada waktu untuk berlibur.

6. Kepo, hingga Nyinyir, dan Gapil

Nah, yang satu ini juga tak kalah seru di duniamillennials. Sebagai generasi yang dilingkupi teknologi, julukan sebagai warganet yang suka kepo (serba ingin tahu, sok tahu, jeli serta tajam) juga nyinyir (cerewet atau suka mengulang-ulang kata-kata) dan gapil (mencampuri urusan orang lain) sudah hal yang lumrah.

Wajar saja, di era yang serba mudah menemukan apa yang dicari di dunia maya, bahkan hanya sekedar mantengin media sosial orang-orang yang jadi incarannya, atau saingannya, bukan perkara sulit lagi. Rasanya tak ada capek-capeknya berjam-jam sekadar ingin tahu apa yang ada di luar sana dan apa yang dilakukan orang lain, tak luput juga orang yang tak dikenalnya sekalipun menjadi urusannya.

Sisi positifnya, Anda bisa belajar banyak dari kehidupan orang lain atau bahkan menjadikan sosok tersebut sebagai idola atau trendstter untuk hal yang baik, maupun sebagai inspirasi. Tapi, tak jarang justru kerap lebih tertarik melihat dan berpikir dari sisi negatifnya hingga cenderung ‘julid dan gapil’.

Kenapa Millennials Wajib Olahraga?

Dengan melihat berbagai kebiasaan para millennial di atas, sudah seharusnya diimbangi dengan gaya hidup sehat pula, seperti rajin olahraga meski disibukkan oleh rutinitas keseharian.

Bicara olahraga, mungkin terdengar membosankan atau bahkan sulit dilakukan karena berbagai alasan seperti tak punya waktu, sulit, atau malas. Tentu saja tidak demikian bila ada komitmen pola hidup sehat.

Jagalah pola hidup seimbang agar produktif dan bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan baik. Jadi, Anda perlu memilih olahraga yang membuat bersemangat.

Selanjutnya adalah jenis olahraga apa saja yang cocok buat generasi millennial? Tentu olahraga yang efektif untuk mencapai target kesehatan dan kebugaran, sekaligus menyenangkan, juga ramah di kantong. Olahraga murah itu tak butuh biaya besar, cukup bermodalkan sepeda misalnya, atau hanya dengan matras, maupun hand cover, dan lainnya.

Kalaupun butuh bergabung dengan club, sekarang cukup banyak studio kebugaran yang menawarkan harga cukup murah, mulai dari Rp300an ribu per bulan, atau paket promo bayar 3 bulan gratis 3 bulan, Anda sudah dapat mengikuti semua kelas setiap hari dari Senin hingga Sabtu. Murah, bukan?

Berikut ini telah Cermati himpun jenis-jenis olahraga yang wajib dilakukan para millennial, karena selain efektif, juga menyenangkan, serta bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

1. Senam Yoga

Senam yoga dinilai cukup efektif menghilangkan bermacam gangguan kesehatan akibat berbagai aktifitas atau penyakit. Yoga juga bisa dilakukan oleh semua orang, baik pria maupun wanita, anak-anak, dewasa, hingga orang tua dan manula dengan gerakan ringan.

Jenis gerakan dan manfaat senam yoga:

– Hatha Yoga: membuat tubuh bugar dan melancarkan peredaran darah

– Vinyasa Yoga: melangsingkan tubuh karena efektif membakar lemak dan kalori

– Asthanga Yoga: melenturkan sendi-sendi tubuh

– Iyengar Yoga: keseimbangan tubuh dan pikiran atau menghilangkan sakit punggung

– Hot Yoga (Bikram Yoga): untuk detoks dan meningkatkan kekebalan tubuh

– Yoga Nidra: menghilangkan stres, depresi, dan meningkatkan energi positif

– Swing Yoga: selain menyehatkan dan menantang, gerakan olahraga ini tampak indah karena bertumpu pada teknik gerakan menggunakan sehelai kain khusus, dengan pose-pose seperti terbang untuk melatih keseimbangan dan melawan gravitasi.

2. Zumba

Zumba jadi salah satu olahraga favorit di saat ini. Sebab, dengan tarian latin dan gerakan aerobik yang menggabungkan tarian Cumba, Sumba, Merengue, Reggae, Salsa, Mambo, Hip-hop, Calypso, Flamenco, dan Rumba, olahraga ini makin membuat semangat untuk terus bergerak diiringi musik bertempo cepat.

Zumba termasuk jenis olahraga kardio, sehingga gerakannya sangat baik untuk kesehatan jantung. Jadi, jangan pernah lewatkan olahraga yang menyenangkan satu ini. Anda pun akan terbiasa untuk gerak cepat dan energik, yang pastinya berdampak positif pada keseharian Anda.

3. Martial Arts

Lebih suka gerakan olahraga yang menantang? Anda bisa juga memasukkan daftar olahraga mixed martial arts (seni bela diri campuran). Jenis-jenis olahraga ini di antaranya Capoeira, Taekwondo, Muay Thai, Capoeira, Brazilian Jiu-jitsu, Aero Boxing, Piloxing dan lainnya.

Selain menyehatkan karena meningkatkan daya tahan tubuh, serta energik, olahraga ini juga bermanfaat untuk kemampuan bela diri. Namun, untuk aero boxing dan piloxing sendiri lebih kepada pencampuran antara seni bela diri dengan dance yang mengadopsi gerakan-gerakan yoga dan pilates.

4. Parkour

Nah, bagi Anda yang tidak suka lompat dari satu pagar atau tembok ke dinding yang lainnya, tak perlu memaksakan diri. Sebab olahraga yang satu ini relatif cukup ekstrem. Butuh nyali untuk melompat pagar atau atap-atap rumah, bukan?

Olahraga parkour dikenalkan oleh David Belle asal Perancis. Gerakan dalam parkour ini membutuhkan kelenturan badan dan gerak cepat serta keberanian. Jadi, olahraga yang satu menyimpan pesan yang cukup mendalam, seperti melawan rasa takut, bangkit dari kegagalan, komitmen melewati semua rintangan, fleksibilitas, dan kebebasan.

5. Fitness

Fitness memang dikenal dengan olahraga yang dilengkapi peralatan canggih cukup lengkap, sehingga menyenangkan dan tanpa sadar sudah banyak lemak dan kalori yang terbakar. Fitness juga disebut-sebut jenis olahraga pembentukan massa otot. Tak heran bila bukan hanya wanita, fitness juga banyak diikuti oleh kaum pria.

Bahkan gerakan fitness untuk wanita juga berfokus pada teknik body shaping, yang semakin mendukung program diet, dan teknik pilates berfokus pada otot postural inti untuk menjaga keseimbangan tubuh dan tulang belakang, juga berkonsentrasi pada pengencangan otot, terutama otot-otot abs (Abdomens) atau otot perut.

6. Lari

Bahkan, saking ngehitsnya, banyak acara olahraga lari yang diselenggarakan perusahaan-perusahaan atau lembaga, baik swasta maupun pemerintah. Mereka berlomba-lomba menyelenggarakan kegiatan ini secara massal untuk kompetisi atau mempromosikan produk, maupun sekadar kegiatan charity (amal).

7. Cycling

Selain menyehatkan, olahraga cycling ini juga tak kalah menyenangkan. Sebab, dengan bersepeda mengelilingi taman atau menikmati udara segar di area jalanan Car Free Day (CFD) dua minggu sekali di Jakarta, Anda juga akan menemukan suasana baru setiap kali bersepeda.

Jadilah Generasi Millennial yang Sehat dan Kece

Tentu saja, generasi millennial adalah generasi kece yang tumbuh dengan canggihnya teknologi. Tapi apakah Anda juga bisa mengimbangi kecenya zaman ini? Jawabnya simpel saja, “Apakah Anda juga cukup cekatan di tengah era yang serba cepat ini?” Jangan sampai justru Anda malah lamban hanya karena tidak didukung kondisi fisik yang prima. Seperti halnya ungkapan lama dalam bahasa Latin, Mens Sana in Corpore Sano, yakni Dalam “Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat”, maka tak perlu lagi ragu dan malas berolahraga. Tunggu apa lagi? Jadilah generasi millennial yang sehat dan kece. (Red)