Beranda Nasional Gelombang Pertama Jemaah Haji Indonesia Mulai 15 Juli Pulang ke Tanah Air

Gelombang Pertama Jemaah Haji Indonesia Mulai 15 Juli Pulang ke Tanah Air

Ilustrasi - foto istimewa Payuung

JAKARTA – Gelombang jemaah haji 2022 akan kembali ke Indonesia mulai 15 Juli 2022.

Jemaah haji dari embarkasi mana yang akan pertama kali tiba di Tanah Air? Menurut Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara, Haryanto Sapri menjelaskan kepada tim Media Center Haji (MCH) terkait hal ini.

Haryanto menjelaskan ada enam penerbangan yang akan membawa gelombang pertama jemaah haji 2022 pulang ke Indonesia pada 15 Juli 2022 nanti. Tim Daker Bandara pun telah bersiap ke Jeddah mulai hari Rabu ini.

Adapun jemaah haji 2022 gelombang pertama yang pulang ke Tanah Air pada 15 Juli 2022, diawali dari embarkasi SOC/Jateng, PDG/Sumbar, JKS/Jabar, JKG/DKI dengan masing-masing dari kloter pertama.
selanjutnya dilanjutkan dari embarkasi SOC/Jateng dan JKS/Jabar dari kloter kedua.

“Penerbangan pemulangan jemaah haji dimulai pada pukul 05.10 WAS. Dan kita berharap jamaah tiba di tanah air dalam keadaan sehat walafiat,” ujar Haryanto.

Untuk jemaah haji pulang ke Indonesia diharap tiba di bandara Jeddah lebih awal. Setidaknya 8 jam sebelum jadwal penerbangan.

“Jadi 6 jam jelang penerbangan sudah di plaza terminal haji KAIA. Nantinya saat tiba di plaza, jemaah akan mendapatkan konsumsi, karena perjalanan cukup jauh dari Mekkah,” kata Haryanto.

Untuk menghemat waktu, bagasi para jamaah haji akan ditimbang dan dicek 2 hari sebelum jadwal kepulangan ke Tanah Air. Berat bagasi sesuai dengan ketentuan maksimal 32 kg dan berat tas kabis maksimal 7 kg.

Koper jamaah haji di Arab Saudi akan ditimbang 2 hari sebelum pulang ke Indonesia. Agar tidak terjadi bagasi yang berlebihan, jemaah haji Indonesia dilarang membawa barang-barang seperti air zam-zam. Selain itu, jemaah juuga dilarang membawa benda seperti mengandung aeorosol, gas, magnet dan senjata tajam sesuai dengan standar penerbangan internasional.

Jemaah haji Indonesia tidak diperbolehkan membawa air zam-zam karena nantinya akan diberikan air zam-zam di asrama haji embarkasi masing-masing.

Petugas akan mengecek bagasi dan barang bawaan jemaah. Jika masih ditemukan benda-benda yang dilarang maka bagasi jemaah akan dibongkar.

Begitu jemaah tiba di asrama haji, koper akan ditata sedemikian rupa per rombongan. Selain itu, air zamzam seberat 5 liter juga akan diberikan kepada masing-masing jemaah.

“Nanti ada acara seremonial saat jemaah datang, ada snack berat sekali. Setelah itu jemaah disilakan mengambil koper dan sekalian keluar mendapatkan air zamzam yang sudah disesuaikan dengan jumlah jemaah,” kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Syaiful Mujab.

Jadwal kepulangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Air pada gelombang pertama dimulai pada 15 Juli 2022 hingga 30 Juli 2022 di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ