Beranda Nasional Tahun Ini, Tak Ada Batasan Usia Bagi Calhaj Indonesia

Tahun Ini, Tak Ada Batasan Usia Bagi Calhaj Indonesia

Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah (Kemenag)

SERANG – Kabar gembira bagi masyarakat yang menunaikan ibadah haji di tahun ini 2023, pasalnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah menandatangani kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

“Tahun ini, Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 221.000 jemaah,” ungkap Menag, seperti dilansir laman resmi Kemenag.

“Alhamdulillah, misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi,” sambungnya.

Lebih lanjut Menag Yaqut mengatakan, dari kuota haji 221.000 jemaah itu terbagi untuk jemaah haji reguler dan jemaah haji khusus. Sementara untuk petugas haji sebanyak 4.200 orang.

“Kuota itu terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota,” terangnya.

Selain itu, kata Menag, kesepakatan ini juga mengatur tentang pendaratan (landing) pesawat di Jeddah dan Madinah, serta beberapa kebijakan terbaru terkait pelayanan ibadah haji.

“Dalam pembicaraan dengan Menteri Haji Saudi juga disepakati tidak adanya pembatasan usia. Sebelumnya saat pandemi, pemerintah Arab Saudi membatasi usia jemaah haji di bawah 65 tahun,” katanya.

“Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini,” pungkasnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini