Beranda Pemerintahan Gedung TVRI Stasiun Banten Rampung Akhir Tahun Ini

Gedung TVRI Stasiun Banten Rampung Akhir Tahun Ini

Caption: Anggota Komisi I DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusumah bersama Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno meninjau progres pembangunan Gedung TVRI Stasiun Banten, di Kepuren, Walantaka, Serang, Banten.

SERANG – Progres pembangunan Gedung TVRI Stasiun Banten terus dikebut. Stasiun televisi yang berdiri di Kelurahan Kepuren, Kecamatan Walantaka, Kota Serang itu diharapkan menjangkau hingga ujung selatan Banten untuk pemerataan siaran publik.

Harapan itu disampaikan oleh anggota Komisi I DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusumah saat meninjau pembangunan Gedung TVRI Stasiun Banten. “Semangat Prinsip kesetaraan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya Banten yang merupakan provinsi penyangga Ibukota. Semoga bisa cepat selesai dan bisa dirasakan oleh masyarakat Banten,” kata politisi Demokrat dari Dapil Banten I, Sabtu (28/10/2023).

Melalui dukungan politik, ia mendorong anggaran untuk TVRI agar menjadi Lembaga Penyiaran Publik (LPP) berkelas dunia. “Tentu butuh kebutuhan anggaran. Kami akan dorong. Semoga hadirnya TVRI dapat menjadi pemicu pergerakan ekonomi di tengah masyarakat Banten, baik dari penyiaran maupun lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Mengenai pemerataan siaran, Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno menyambut baik harapan tersebut. Seperti amanat Presiden Jokowi, TVRI harus menjadi agen konektivitas wilayah di seluruh Indonesia.

“Fungsi TVRI Banten sangat esensial. Sebagai wilayah penyangga Ibukota, masyarakat (Banten) memiliki hak memperoleh informasi, hak mendapatkan hiburan. TVRI akan menjadikan seluruh wilayah di Indonesia ini satu kesatuan,” ujarnya.

Pola penyiaran informasi, khususnya konten lokal Banten bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia bagian Timur. “Jadi tidak menjadi monopoli pusat (Jakarta).”

Dikatakan Iman, jangkauan TVRI di Banten hingga sampai kepada masyarakat di Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten. “Ini peluang bagi TVRI sebagai media yang mempersatukan.”

Terkait rencana operasional, Dirut Iman menargetkan ahir tahun ini pembangunan gedung TVRI Stasiun Banten rampung. Ia berharap akhir tahun sudah bisa melakukan siaran percobaan. “Kami secara simultan akan berkoordinasi dengan Kemanpan-RB untuk izinya. Nanti diharapkan Desember atau awal 2024 sudah bisa siaran.”

Ia juga berharap TVRI Stasiun Banten dapat menjadi pusat kreatif bagi masyarakat Banten, khususnya yang berada di wilayah sekitar. “Karena boleh membanguan ekosistem siaran dengan menggandeng partisipasi publik,” jelasnya.

Pantauan di lokasi, sejak Juni 2023 Pemkot Serang menghibahkan lahan seluas 2,1 hektar pihak TVRI telah membanguan area studio, area perkantoran, dan area transmisi.
Walikota Serang Syafrudin menjelaskan penyerahan hibah itu sebagai dukungan dari Pemkot Serang kepada LPP TVRI agar dapat memberikan dampak yang positif untuk Kota Serang dalam penyebaran Informasi.

“Ini adalah dukungan Pemerintah Kota Serang dalam amanat Undang-Undang bahwa TVRI itu harus ada di Ibu Kota Provinsi, alhamdulillah proses ini tidak ada kendala Kepala BPN juga mendukung sehingga hibah ini berjalan dengan baik,” jelasnya. (you/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini