Beranda Gaya Hidup Galau dan Tak Percaya Diri, Ini Cara Temukan Bakat Dalam Diri Kamu

Galau dan Tak Percaya Diri, Ini Cara Temukan Bakat Dalam Diri Kamu

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Setiap manusia dikaruniai Tuhan bakat tertentu. Namun sayangnya tidak semua orang mampu mengenali bakat yang dimilikinya.

Menurut Monic Christian, Co Founder Tes Bakat Indonesia kepada Suara.com, salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan mengenali bakat yang dimiliki agar para remaja dapat mengembangkan diri sesuai passion-nya.

”Di tengah ketatnya persaingan saat ini, para remaja di Indonesia perlu untuk dibimbing dalam mengenali dirinya sendiri secara lebih baik agar mereka tidak keliru dalam memilih jurusan dan minat,” ungkap Monic seperti dilansir dari Suara.com, Sabtu (5/10/2019) di Bogor, Jawa Barat.

Penulis buku berjudul Anti Salah Jurusan ini membeberkan, ada sebuah rumus yang dapat dipakai untuk menemukan bakat agar para remaja ini nantinya dapat bekerja sesuai bidang yang mereka sukai dan kuasai, yaitu rumus 3P. Dengan memakai rumus tersebut akan menghasilkan yang namanya Passion to Profession.

“Untuk menjadikan hal yang kita sukai menjadi pekerjaan yang kita cintai adalah dengan 3P. P yang pertama yaitu potention. Kenali potensi apa yang paling besar, menonjol, dan paling kuat dalam diri kita. Kenapa harus yang paling kuat, tentu agar kuat juga dan unggul dalam persaingan. Ibarat mobil, semua mesinnya bisa dipakai untuk melaju, tapi tidak semua bisa dipakai untuk balapan. Jadi kalau mau balapan pakainya mobil balap, tapi kalau untuk bersaing di jalur yang lain, maka jenis mobilnya pun bebeda. Jadi tentukan potensi yang paling kuat nilainya, bukan nilai rata-rata,” jelas Monic panjang lebar.

Kemudian P yang kedua adalah passion. Cari tahu apa hal yang paling disukai. Misalnya suka memasak, nah cari masakan yang paling spesifik menyenangkan saat memasak makanan-makanan itu. Tapi jangan lupa untuk mengeksplorasi bidang yang senang digeluti.

“Nah lanjut ke P yang ketiga yaitu personality. Pastikan kalau kamu punya personality yg mencerminkan kesesuain dengan karier. Contohnya, kamu pribadi yang teliti. Ketelitian yang kamu punya tentu dapat menunjang jika kamu memilih karier sebagai data entri atau koding. Jangan sampai salah, masuk jurusan karena tidak sesuai dengan kepribadianmu,” tandasnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini