Beranda Peristiwa Empat Ribu Warga di Kelurahan Kalanganyar Krisis Air Bersih

Empat Ribu Warga di Kelurahan Kalanganyar Krisis Air Bersih

PLN UID Banten melalui program PLN Peduli memberikan bantuan air bersih sebanyak 4 tangki dengan total 24.000 liter untuk warga di desa Palasari kecamatan Legok Kabupaten Tangerang

PANDEGLANG – Sekitar empat ribu lebih warga di Kelurahan Kalanganyar, Kecamatan Pandeglang mengalami krisis air bersih. Hal itu akibat dari kemarau panjang yang saat ini melanda Kabupaten Pandeglang.

Ribuan warga yang mengalami krisis air bersih itu berada di RW 05 Kampung Pasir Jengkol, RW 06 Kampung Carangpulang, RW 07 Kampung Wangkelang, RW 08 Kampung Batu Lawang dan RW 09 Kampung Parage Susukan.

Lurah Kalanganyar, Tedi Toryadi mengatakan, bencana kekeringan yang melanda Kelurahan Kalanganyar sejak sebulan lalu mengakibatkan krisis pasokan air bersih terutama air untuk kebutuhan minum.

Menurut Tedi, sebelum terjadi kekeringan kebanyakan warganya menggunakan sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari mereka, namun kemarau panjang yang melanda Pandeglang menyebabkan air sumur milik warga mengering.

“Kalau dikalkulasi semuanya hampir empat ribu lebih jumlah penduduk dari lima RW tadi, yang diusulkan pada kami itu untuk kebutuhan minum kalau untuk mandi cuci kakus mereka menggunakan air dari irigasi tapi air dari irigasi juga sudah mengering,” kata Tedi, Selasa (17/9/2019).

Ia menjelaskan memang yang mengalami kekeringan total hanya di Kampung Batulawang, sedangkan di daerah lain hanya kebutuhan untuk minum saja tidak berdampak pada lahan pertanian.

“Sementara ini kami baru mengirim empat mobil tangki sekitar dua Minggu lalu tapi sekarang warga sudah meminta air bersih kembali, pertama mungkin air didapat dari bantuan BPBD tapi akhirnya dari kami juga, makanya kami kewalahan kalau kelamaan seperti ini,” jelasnya.

Ia berharap pemerintah daerah cepat tanggap bisa menanggulangi bencana kekeringan yang saat ini terjadi, mengingat bantuan air bersih dari pemerintah daerah melalui BPBD cukup terbatas karena harus berbagi dengan daerah lain yang mengalami kekeringan, sedangkan jika harus mengeluarkan kocek pribadi biayanya cukup lumayan.

“Apa solusinya ya namanya kelurahan tahu sendiri dari mana anggarannya, untuk empat mobil tangki aja biayanya cukup lumayan sedangkan masyarakat tidak tahu persoalan kesana karena ketika masyarakat membutuhkan harus terpenuhi karena ini untuk kebutuhan minum,” ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pandeglang, Endan Permana menyampaikan bahwa saat ini ada 14 kecamatan di Kabupaten Pandeglang yang mengalami kekeringan.

“Daerah yang paling parah terdampak kekeringan itu berada di Kecamatan Patia, Sindangresmi, Angsana dan Picung. Kalau untuk pengiriman bantuan air bersih itu tergantung dari permintaan masyarakat,” terangnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini