Beranda Peristiwa Sodetan Ciujung Jebol, Warga Desa Puser Kabupaten Serang Mengungsi

Sodetan Ciujung Jebol, Warga Desa Puser Kabupaten Serang Mengungsi

Air Menggenangi Permukiman Warga di Desa Puser, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang pada Selasa (14/9/2021). Foto: Istimewa

KAB. SERANG – Jebolnya sodetan Ciujung yang berada di Desa Puser, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang mengakibatkan banjir di permukiman warga sekitar.

Pendiri Gerakan Mahasiswa Serang Utara, Wahyudin mengatakan peristiwa banjir baru diketahui saat sore hari akibat jebolnya sodetan. Debit air Sungai Ciujung yang naik dan masuk ke dalam Ciujung Lama mengakibatkan sodetan Ciujung jebol.

“Air Ciujungnya kan naik, terus tanggul yang kemarin dibongkar itu jebol, airnya masuk semua ke Ciujung Lama sekarang Desa Puser kebanjiran,” ujarnya pada BantenNews.co.id, Selasa (14/9/2021).

Dikatakan Wahyudin, saat ini para warga sudah mengungsi untuk mengamankan diri dikarenakan ketinggian air yang merendam rumah warga sudah mencapai lutut orang dewasa.

“Kalau di jalanan semata kaki, tapi kalau di rumah sudah sampai satu lutut. Sekarang udah banyak yang ngungsi ke rumah saudaranya cari tempat aman,” kata Wahyudin.

Akibat curah hujan yang tinggi sejak Senin (13/9/2021) malam hingga Selasa (14/9/2021) pagi, sejumlah wilayah di Kabupaten Serang terendam.

BPBD Kabupaten Serang mengimbau warga yang berada di dekat bantaran sungai maupun wilayah yang rawan banjir diminta untuk selalu tetap waspada dan jika terjadi banjir dapat menghubungi call center (0254) 200135.

(Nin/Red)