Beranda Kesehatan Duh, Gejala Mycoplasma Pneumoniae Penyakit Berbahaya Sudah Masuk Indonesia!

Duh, Gejala Mycoplasma Pneumoniae Penyakit Berbahaya Sudah Masuk Indonesia!

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Mycoplasma adalah bakteri (bentuk tunggal bakteri) yang menyebabkan infeksi. Ada berbagai gejala mycoplasma Pneumoniae yang bisa menyerang beberapa bagian dalam tubuh kita, termasuk saluran pernapasan, kemih, dan genital. Penyakit ini menjadi perhatian karena pada awal November 2023, China melaporkan adanya peningkatan jumlah pasien dengan infeksi saluran pernapasan.

Penting untuk diketahui gejala Mycoplasma Pneumoniae agar kita bisa menghindarinya. Penyakit ini berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian jika infeksi bakteri mycoplasma pneumoniae yang tidak memiliki dinding sel menyerang tubuh. Sebab antibiotik bisa tidak dapat bekerja untuk menghentikan infeksi bakteri tersebut di dalam tubuh.

Ada beberapa jenis mikoplasma yang paling sering menyebabkan infeksi pada manusia, antara lain:

1. Mycoplasma pneumoniae

Bakteri mikoplasma ini menyebabkan infeksi paru-paru yang dikenal sebagai “pneumonia berjalan” karena gejalanya muncul sebagai pneumonia dada ringan yang tidak memerlukan rawat inap.

2. Mycoplasma genitalium

Bakteri mikoplasma ini dapat hidup di organ reproduksi  dan dapat menyebar melalui hubungan seks. Hal ini dapat timbul tanpa gejala infeksi. Sebagian besar gejala mirip dengan infeksi menular seksual dengan rasa sakit saat berhubungan seks dan / atau keluarnya cairan dari vagina atau penis Anda.

3. Mycoplasma hominis

Bakteri mikoplasma ini dapat hidup di saluran kemih dan alat kelamin. Ini juga dapat menyebabkan infeksi pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Infeksi dapat ditularkan dari orang tua ke anak saat melahirkan, terutama pada bayi prematur.

Gejala Mycoplasma Pneumoniae

Apa saja gejala infeksi mycoplasma pneumoniae?  Dikutip dari my.clevelandclinic.org, beberapa gejala yang menunjukkan seseorang terkena serangan mycoplasma pneumoniae, meliputi:

1. Batuk kering.
2. Kelelahan.
3. Demam.
4. Sakit kepala.
5. Sakit tenggorokan.
6. Nyeri saat berhubungan seks.
7. Nyeri saat buang air kecil (infeksi saluran kemih).
8. Darah keluar dari penis atau vagina.
9. Pembengkakan uretra (uretritis).
10. Pendarahan dari vagina setelah berhubungan seks.

Demikian itu informasi gejala mycoplasma pneumonia yang harus diperhatikan. Untuk saat ini belum ada data resmi dari Kementerian Kesehatan RI yang menyatakan bahwa sudah ada anak Indonesia yang terserang Mycoplasma Pneumonia. Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah mengonfirmasi ada laporan kasus mycoplasma, namun belum ada data rinci berapa kasus yang ditemukn. Meskipun demikian, penting bagi kita untuk selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini