Beranda Pemerintahan DPUPR Provinsi Banten Target H-7 Jalan Jalur Mudik Mulus

DPUPR Provinsi Banten Target H-7 Jalan Jalur Mudik Mulus

131
0
Ilustrasi - foto istimewa tempo.co

SERANG – Pemprov Banten menargetkan perbaikan jalur mudik untuk jalan yang menjadi kewenangan provinsi selesai pada H-7 Lebaran agar pemudik yang melintas daerah itu merasa aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten Hadi Suryadi mengatakan jalur mudik kewenangan provinsi yang ditargetkan layak dilalui pada H-7, di antaranya ruas Serang-Gunungsari, Gunungsari-Mancak, Mancak-Anyer, dan Palima-Cinangka.

“Sudah kita kerjakan, kemudian adalagi jalur wisata yang PCI (Kota Cilegon). PCI itu juga kemarin kita lihat, kita cek sudah siap. Pada prinsipnya pokoknya H-7 sudah kita siapkan semuanya,” katanya dikutip dari AntaraNews.com, Jumat (25/5/2019).

Ia juga menginginkan agar jalan kewenangan nasional dalam kondisi yang sama. Perbaikan di jalan nasional diharapkan segera rampung.

“Kita sudah koordinasi bahkan kita sudah punya WA (Whatsapp) grup dengan Satker APBN, dan mereka juga mengejar ‘timing’ Lebaran. Insyaallah kira-kira untuk Banten, jalur mudik ini akan kita siapkan semaksimalkan mungkin,” kata dia.

Pemprov Banten juga mempersiapkan jalur untuk akses ke lokasi wisata, seperti Pantai Anyer, Carita dan sekitarnya.

“Kalau jalan provinsi kita sudah siap. Karena itu tanggung jawab kita,” kata Hadi.

Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Banten Herdi Jauhari mengatakan ada dua yang menjadi fokus pelayanan arus mudik oleh Dinas Perhubungan Provinsi Banten, yakni di Pelaguna Merak serta akes jalur mudik ke Banten Selatan.

Untuk arus balik Lebaran, kata dia, biasanya difokuskan pada jalur-jalur pariwisata, seperti ke Anyer, Carita, dan daerah wisata lainnya di Banten.

“Personel dan kelengkapan rambu-rambu portabel sudah kita siapkan untuk pelayanan arus mudik dan juga jalur-jalur wisata. Kita juga sudah koordinasi dengan PT MMS untuk menyiapkan kantong-kantong parkir di pinggir jalan tol,” kata dia.

Pada Lebaran 2019, Dinas Perhubungan Provinsi Banten tidak menyiapkan pelayanan mudik gratis bagi warga yang tinggal di Banten yang akan pulang kampung ke sejumlah daerah di Jawa dan Sumatera seperti tahun-tahun sebelumnya.

Namun demikian, ia berencana menggelar mudik gratis pada tahun depan khusus bagi yang datang ke Banten saat arus mudik, akan dilayani secara gratis untuk mudik ke daerahnya masing-masing di wilayah Banten, terutama yang akan mudik ke daerah Banten Selatan.

“Tahun ini memang tidak kita anggarkan. Mudah-mudahan tahun depan ada mudik gratis lagi, tapi khusus pelayanan di wilayah Banten saja, tidak ke luar Provinsi Banten,” kata Herdi. (Red)