Beranda Pemerintahan DPPKB Optimistis Kasus Stunting di Kabupaten Tangerang Bisa Diatasi

DPPKB Optimistis Kasus Stunting di Kabupaten Tangerang Bisa Diatasi

Acara peluncuran inovasi Pos Gizi Dashat Gemarikan di Desa Kadu, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengaku optmistis kasus stunting bisa diatasi melalui program Pos Gizi, Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) dan Gemar Makan Ikan (Gemarikan). Program ini memang dibuat untuk menekan angka kasus Stunting di wilayah Kabupaten Tangerang.

Hendra Tarmizi mengatakan, program inovasi yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Tangerang tersebut adalah bentuk kepedulian terkait masalah kurangnya asupan gizi yang dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

“Jadi program ini merupakan bentuk kolaborasi antara dinas terkait dalam upaya penurunan stunting di wilayah Kabupaten Tangerang. Yang di mana sebelumnya masing-masing perangkat daerah melakukan penurunan stunting dengan caranya sendiri, kini kami berupaya bersama dengan menyatukan masing-masing program yang ada sehingga kasus stunting di Kabupaten Tangerang dapat teratasi,” katanya pada acara peluncuran inovasi Pos Gizi Dashat Gemarikan di Desa Kadu, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.

Dia menyampaikan, dalam program ini Pemkab Tangerang melibatkan beberapa dinas terkait guna mendukung percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Tangerang. Terdapat tiga Perangkat Daerah yang terlibat, yani DPPKB, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang.

Masing-masing perangkat daerah memiliki peran dan cara tersendiri guna menekan angka kasus stunting di wilayah Kabupaten Tangerang. “Jadi masing-masing perangkat daerah memiliki peran tersendiri, seperti Pos Gizi milik Dinkes yang diperuntukkan kepada masyarakat yang sudah terkena stunting, Dashat atau dapur sehat milik DPPKB melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan juga GEMARIKAN (Gemar Makan Ikan) milik Dinas Perikanan yang sifatnya adalah pemberian makanan olahan ikan untuk asupan gizi anak,” ujar Hendra dalam keterangannya, Minggu (28/5/2023).

Ia berharap program ini menyebar dan diterapkan ke seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Tangerang. “Kami berharap dinas dan juga stakeholder terkait dapat terus berkolaborasi sehingga program ini dapat diterapkan ke seluruh wilayah Kecamatan serta Desa yang ada di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kadu Kecamatan Curug, M. Asdiansyah menyampaikan rasa terima kasih dan juga mendukung penuh launching program ini. Ia berharap program ini dapat diterapkan di desa lain guna mengatasi permasalahan stunting di tingkat Desa.

“Mewakili masyarakat saya menyampaikan rasa terima kasih kepada pak Bupati dan kami berharap semoga program ini dapat diterapkan di Desa lain yang ada di Kabupaten Tangerang sehingga permasalahan stunting ini khususnya ditingkat Desa dapat teratasi,” ucapnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini