Beranda Pemerintahan Dorong Kemandirian Ekonomi Perempuan, Pemprov Banten Berikan Pelatihan Tata Boga untuk Emak-emak

Dorong Kemandirian Ekonomi Perempuan, Pemprov Banten Berikan Pelatihan Tata Boga untuk Emak-emak

SERANG – Emak-emak di Desa Tambiluk, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang diberi pelatihan keterampilan usaha guna memperkuat perekonomian keluarga.

Pelatihan itu digagas Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten untuk meningkatkan peran perempuan di sektor ekonomi.

Anggota Komisi V DPRD Banten, Umar Barmawi mengatakan, perempuan harus mengambil peluang untuk berkreasi di bidang usaha guna meningkatkan status ekonomi dan kesejahteraan.

“Pemberdayaan ekonomi terhadap perempuan harus dilakukan. Ketika mereka memiliki kemampuan untuk meningkatkan status ekonomi dan kesejahteraan mereka,” katanya.

Ia menerangkan, hakikat perempuan memberikan kontribusi yang sangat besar pada perekonomian. Apalagi dilatih kreatifitasnya dalam mengembangkan bisnis.

“Saya menilai perempuan memberikan kontribusi yang sangat besar pada perekonomian, baik dalam bisnis, di pertanian, sebagai pengusaha atau karyawan, atau dengan melakukan pekerjaan perawatan tidak berbayar di rumah,” terangnya.

Dengan adanya pelatihan tata boga ini, kata Umar, diharapkan kontribusi perempuan pada perekonomian keluarga bisa meningkat.

Sehingga dampaknya akan mendorong tersedianya lapangan kerja untuk menyerap angkatan kerja.

“Maka, peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan penting dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DP3AKKB Provinsi Banten Sitti Ma’ani Nina menjelaskan, sesuai dengan kebijakan bapak Pj. Gubernur terkait dengan peningkatan pemberdayaan perempuan .. dan melihat antusias emak-emak dalam pelatihan bidang usaha sangat tinggi.

“Kesungguhan peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut sangat serius, sehingga kegiatan mendapat perhatian semua pihak dan terlaksana dengan lancar,” jelasnya.

Nina berharap dari kegiatan ini peserta mendapatkan manfaat antara lain meningkatnya keterampilan dalam bidang usaha.

Selain itu, emak-emak dapat berwirausaha secara mandiri baik perorangan maupun kelompok.

“Dapat memenuhi kebutuhan ekonomi serta meningkatkan derajat sosial ekonomi,” ungkapnya. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini