Beranda Hukum Dor! Resahkan Warga, Curanmor di Lebak Ditembak Polisi 

Dor! Resahkan Warga, Curanmor di Lebak Ditembak Polisi 

Pelaku curanmor di kawasan Lebak, Banten dihadiahi timah panas oleh petugas.

LEBAK – Aksi pencurian kendaraan bermotor kerap membuat resah warga. Para pelaku bahkan tak segan mencelakai pemilik motor.

Mendapat banyak laporan warga itu, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak tidak tinggal diam. Polisi memburu para pelaku yang terkenal licin dari kejaran petugas.

Untuk memberantas kejahatan itu, Satreskrim Polres Lebak kemudian membekuk tujuh pencuri kendaraan bermotor yang sering beroperasi di wilayah Lebak.

Kasat Reskrim Polres Lebak Iptu Andi Kurniady Eka Setyabudi mengatakan, jika penangkapan para pelaku yang berbeda kelompok tersebut dilakukan dalam waktu sepekan.

“Dari ketujuh pelaku yang diamankan, anggota juga berhasil mengamankan 2 penadah motor curian serta 13 barang bukti berupa motor hasil curian berbagai merk,” kata Andi kepada awak media, Kamis (3/11/2022).

Ia menjelaskan, dari para pelaku yang diamankan tersebut semuanya spesialis pencurian, dan diamankan di tempat yang berbeda.

“DD (27) warga Kecamatan Malingping, MD (39), AM (23), MA (26) warga Warunggunung, RD (32), AW (25) dan RH (19) warga Pandeglang. Untuk pelaku yang berinisial DD terpaksa kita hadiahi timah panas karena berusaha melawan petugas,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, adapun modus dari para pelaku yakni dengan mencuri kendaraan bermotor yang terparkir di halaman rumah dengan cara merusak setop kontak menggunakan kunci letter T.

“Dalam melakukan aksinya, pelaku merusak kunci kontak dengan menggunakan kunci letter T, dan hanya dengan waktu beberapa menit saja motor sudah dibawa kabur oleh pelaku,” imbuhnya.

Andi menambahkan, untuk motor hasil curian tersebut, pelaku menjualnya dengan harga Rp 2,5 – 3 juta kepada penadah.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya ketujuh pelaku pencurian kendaraan bermotor dijerat pasal 363 KUH Pidana dan 480 KUH Pidana dengan ancaman 7 tahun penjara,” katanya.

(San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini