Beranda Sosial Dompet Dhuafa Respons Cepat ke Lokasi Gempa

Dompet Dhuafa Respons Cepat ke Lokasi Gempa

Foto istimewa

PANDEGLANG – Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa langsung melakukan survey terhadap wilayah terdampak gempa, yang terjadi pada Jumat (2/8/2019) pada pukul 19.03 WIB. Pusat gempa terjadi di 7.54 LS, 104.58 BT, atau 147 km sebelah barat daya Sumur di Banten.

“Kami sudah berkoordinasi dengan relawan, mitra serta pihak terkait untuk memberikan beberapa aksi respon, kita lakukan secara parallel dan sinergi dengan banyaknya bantuan tebaran kebaikan. Tim sebanyak empat personil sudah bergerak ke lokasi,” ujar Ellin Akbar petugas Dompet Dhuafa Banten, Sabtu (3/8/2019).

Tim Dompet Dhuafa menurunkan 6 personel di antaranya 2 orang rescue dan 4 orang untuk assesment.Salah satu kondisi yang terpantau oleh tim Dompet Dhuafa  ialah di Kampung Air Jeruk, Desa Ranca Pinang, Kec.Cimanggu, Kabupaten Pandeglang.

DMC Dompet Dhuafa terus berkoordinasi dengan relawan, mitra-mitra lokal dan Badan Pengawas Bencana Daerah (BPBD) di lokasi. Sehingga dapat dipetakan kebutuhan dan respon terbaik untuk para korban.

Hingga saat ini, DMC Dompet Dhuafa terus bergerak dan melakukan koordinasi dengan para relawan dan mitra-mitra lokal di Sumur, terkait dengan penanganan pasca bencana tersebut.

Di Kampung Kopi, Kecamatam Sumur, Kabupaten Pandeglang sendiri juga serupa. Semua warga  yang berada di pinggir pantai sudah mengungsi ke masjid di Kampung Kopi. Pemetaan kebutuhan juga menjadi agenda penting dari respons darurat bencana Gempa Bumi tersebut.

“Jadi tadi kita lagi makan makan di posko KKN. Tiba-tiba ada gempa yang besar banget sampai genteng-genteng posko pada runtuh. Lalu selang beberapa menit, setelah Salat Isya berjemah, kami memutuskan untuk naik ke bukit. Menggunakan mobil bak. Alhamdulillah semua personel KKN sudah kumpul. Dan sekarang lagi di bukit. Rame banget. Dan nyaris semua warga ada di kampung ini. Sedangkan kampung dalam keadaan kosong dan mati lampu,”ujar Aisyah selaku relawan Rumah Konseling Dompet Dhuafa Banten yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Kampung Air Jeruk.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini