Beranda Kesehatan Dokter Ungkap yang Terjadi Pada Jantung saat Sakit Diabetes, Berisiko Kematian

Dokter Ungkap yang Terjadi Pada Jantung saat Sakit Diabetes, Berisiko Kematian

(Gambar: emc.id)
(Gambar: emc.id)

SERANG – Komplikasi diabetes adalah kondisi yang sangat ditakutkan, karena bisa meningkatkan risiko kematian. Salah satunya penyakit jantung saat gula darah tinggi.

Menyeramkannya, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital BSD, dr. Bayushi Eka Putra, Sp.JP, FIHA menjelaskan orang dengan diabetes berisiko 4 kali lipat sakit jantung.

“Diketahui bahwa kadar gula darah yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung 2 hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan orang yang sehat,” ujar dr. Bayushi melalui rilis Eka Hospital Group yang diterima suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Senin (6/11/2023).

Menurut dr. Bayushi, kondisi ini terjadi karena kadar gula yang mengendap dalam darah bisa merusak pembuluh darah, serta meningkatkan risiko terbentuknya plak darah yang bisa menyumbat aliran darah.

“Pembentukan plak pada pembuluh darah dapat memicu berbagai penyakit jantung koroner atau PJK, yaitu penyakit jantung yang disebabkan karena otot jantung kekurangan suplai darah, akibat dari penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah koroner,” papar dr. Bayushi.

Dampaknya, lapisan dinding pembuluh darah mengalami kerusakan karena adanya plak yang terbentuk dari kolesterol. Inilah sebabnya penyakit jantung, jadi salah satu risiko penyebab kematian pada pasien diabetes.

“Oleh sebab itu, komplikasi pada jantung menjadi hal yang paling berisiko dalam penyakit diabetes,” jelas dr. Bayushi.

Apalagi kata dr. Bayushi, diabetes adalah salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Sehingga menurutnya, cara terbaik untuk terhindar dari diabetes adalah mencegahnya sebelum diabetes muncul.

Berikut ini cara mencegah penyakit diabetes muncul:

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas menjadi salah satu faktor risiko yang paling tinggi untuk menyebabkan diabetes pada seseorang. Mengelola berat badan secara ideal dapat dilakukan dengan menjaga pola makan dan perbanyak aktivitas fisik.

2. Membatasi Asupan Gula Harian

Asupan gula yang terlalu sering dapat menyebabkan tubuh terlalu sering memproduksi insulin yang dapat mengakibatkan tubuh menjadi resisten terhadap insulin.

“Batasi gula sebanyak 50 gram atau 4 sendok makan dalam sehari sehingga tubuh tidak mendapatkan asupan gula berlebih,” jelas dr.Bayushi.

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah

Untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar bisa menjaga kadar gula di dalam darah.

4. Biasakan Diri Berolahraga

Olahraga setidaknya 30 menit dalam sehari, hal ini untuk membantu membakar kandungan gula berlebih dalam darah sehingga penggunaan insulin untuk mengubah gula menjadi energi juga menjadi lebih efisien untuk tubuh.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini