Beranda Sosial DMI Kota Serang akan Dapat Hibah Rp250 Juta, Dinilai Tidak Cukup

DMI Kota Serang akan Dapat Hibah Rp250 Juta, Dinilai Tidak Cukup

Pengurus DMI Kota Serang berfoto bersama di sela rapat kerja. (Ade/bantennews)

SERANG – Pada tahun 2020, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Serang akan mendapatkan dana hibah dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Serang sebesar Rp250 juta. Alokasi tersebut dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh masjid di Kota Serang. Sebab program yang dilakukan oleh DMI Kota Serang ada sekitar 8 bidang. Oleh sebab itu DMI mengusulkan anggaran pada Pemkot Serang sekitar Rp550 juta.

Sekretaris DMI Kota Serang, Komarudin mengatakan bahwa sejatinya pihaknya mengusulkan kepada Pemkot Serang Rp550 juta. Namun karena terbentur di stakeholder dan lain-lain maka pihaknya tahun depan hanya mendapatkan anggaran Rp 250 juta.

“Sebenarnya usulan paling besar kami itu mungkin ada biaya yang besar yang ditanggung misalnya untuk bantuan mimbar itu kita usulkan satu mimbar Rp 20 juta. Itu sudah besar itu. Tapi Pemkot kadang disetujui kadang tidak,”kata Komarudin usai membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DMI Kota Serang ke-V di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (17/9/2019).

Kata Komarudin, apabila ada beberapa program yang tidak disetujui pihaknya akan lebih memprioritaskan program kepentingan para jamaah.

“Sebenarnya kami menjangkau semua serta akan memprioritaskan jamaah,” ucapnya

Meski begitu, lanjut dia, pihaknya sangat mengapresiasi terhadap Pemkot Serang yang telah mendukung kegiatan DMI Kota Serang. Karena dengan dukungan tersebut pihaknya pun dapat melaksanakan rakerda untuk memantapkan program pengurus tahun 2015-2020.

“Kami telah memiliki delapan bidang yakni bidang perwakafan, pembinaan organisasi kesekretariatan, bidang dakwah, bidang kominfo, bidang hukum, bidang pemberdayaan wanita, dan bidang pembinaan remaja masjid,” ujarnya.

Asisten Daerah (Asda) II Pemkot Serang Djoko Sutrisno, mengharapkan dengan penambahan dana hibah tersebut agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan kegiatan memakmurkan masjid di Kota Serang.

“Masjid tidak hanya digunakan untuk ibadah saja, tetapi juga untuk pengembangan pendidikan, pengembangan ekonomi, dan sosial,” ujarnya.

Ia menyebutkan, penambahan anggaran untuk DMI dalam rangka menuju Kota Serang Madani. Ia juga menilai kinerja DMI Kota Serang sudah mengarah ke perkembangan lebih baik. “Saya kira sejauh ini sudah mengarah ke sana,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini