Beranda Pemerintahan Dinsos Banten Salurkan Bantuan UEP Untuk Ratusan KPM di Pandeglang

Dinsos Banten Salurkan Bantuan UEP Untuk Ratusan KPM di Pandeglang

Sekretaris Dinsos Provinsi Banten Budi Darma Sumapradja

PANDEGLANG – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten menggelontorkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk 470 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Pandeglang, Banten pada Minggu (4/12/2022). Bantuan tersebut merupakan modal usaha bagi masyarakat yang memiliki keterampilan dalam usaha namun tidak mampu.

“Bantuan yang diberikan untuk masing-masing KPM senilai Rp250 ribu dalam berbentuk barang. Dan barangnya itu sesuai dengan embrio usaha yang mereka miliki,” kata Sekretaris Dinsos Provinsi Banten, Budi Darma Sumapraja. 

Budi menambahkan pemerintah pusat merespon positif terkait program bantuan modal usaha yang disalurkan oleh Dinsos Provinsi Banten. Sebab hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk pemulihan ekonomi daerah.

“Ini berhubungan langsung dangan upaya pekulisah ekonomi daerah terhadap pemilihan ekonomi nasional. Jadi dari Anggaran Pendapatan dan Belania Daerah (APBD) berperan bersinergi dengan kebijakan pemerintah pusat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Selain itu, bantuan penyertaan modal yang disalurkan oleh Dinsos Provinsi Banten bukanlah program yang pertama kali dilakukan dan akan terus dilakukan setiap tahunnya. Meski program bantuan modal usaha selalu dilakukan setiap tahun, tetapi masyarakat yang menjadi penerima manfaat dari program itu bergantian.

Dinsos Provinsi Banten memberikan bantuan UEP kepada 2.720 KPM untuk kabupaten/kota yang ada di Provinsi Banten.

“Tahun kemarin pertama, dan ini tahun yang kedua. Insyallah tahun depan akan kembali dilaksanakan. Karena, animo masyarakat baik dan juga respons pemerintah daerah juga bagus dan sangat bermanfaat. Setiap tahunnya ada, tapi penerima manfaat nya beda. Datanya itu dari kabupaten/kota,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Mukatabar berharap, para KPM yang menerima bantuan UEP bisa memanfaatkan bantuan dengan baik. Sehingga, memiliki dampak positif untuk pemulihan ekonomi.

“Semoga dengan bantuan yang diterima bisa kembali meningkatkan perekonomian pasca pandemi covid-19 dan juga dampak dari kenaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM),” ucapnya.

(Red)