Beranda Advertorial Dinkes Banten Sediakan 100 Dosis Vaksin Covid-19 Per Hari bagi Pemudik di...

Dinkes Banten Sediakan 100 Dosis Vaksin Covid-19 Per Hari bagi Pemudik di Merak

Dokter memberikan pelayanan kesehatan di posko kesehatan mudik Dermaga 4 Pelabuhan Merak. (IST)

CILEGON – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten menyiapkan 100 dosis vaksin per hari bagi para pemudik yang hendak menyeberang di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon. Bagi pemudik yang belum mendapatkan vaksin baim dosis pertama, kedua maupun dosis lanjutan atau booster tinggal mengunjungi Posko Kesehatan Dinkes di Dermaga 4 Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Informasi yang dihimpun, bagi pemudik yang ingin mendapatkan vaksinasi di posko tersebut, syaratnya tidak terlalu sulit. Pemudik hanya cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) kepada petugas kesehatan.

Syarat lain sebelum pemudik mendapatkan vaksin, terlebih dahulu harus lolos screening.

“Jadi di posko ini kita sediakan vaksinasi pertama, kedua dan booster. Semuanya ada. Dan ngga ada syarat khusus, tinggal bawa KTP saja sudah cukup. Kita juga tetap melakukan screening, kalau ada syarat-syarat khusus harus di rumah sakit,” ujar.salah satu dokter jaga Pos Kesehatan Pelabuhan Merak, Dwi Yuni Puspitarini saat ditemui Bantennews.co.id, Senin (25/4/2022).

Dwi juga memastikan vaksinasi yang diberikan kepada para pemudik tidak dikenakan biaya alias gratis.

“Kami (berikan) free (gratis, red). Tadi juga ada beberapa yang datang, yang mau vaksin. Cukup sediakan KTP nya, kita tinggal input datanya ke (aplikasi) peduli lindungi. Kami juga pastikan melayani 100 dosis vaksin bagi 100 orang per harinya. Untuk jenis vaksin booster kita juga pakai pfizer,” katanya.

Diketahui, pos kesehatan tersebut juga bekerjasama dengan Badan Intelejen Negara (BIN) akan melayani vaksinasi dari mulai besok, Selasa (26/4/2022) hingga Selasa (10/5/2022).

Saat ditanya apakah pemudik yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama, dapat juga divaksin di pos tersebut, Dwi mengaku hal itu sangat dimungkinkan.

“Kita tinggal lihat apakah jarak mendapatkan vaksin dosis pertama ke dosis kedua sudah satu bulan. Kalau susah bisa dapat sosis kedua. Begitupula jarak dosis kedua ke booster harus tiga bulan jedanya. Intinya kalau dafi sisi waktu cukup bisa divaksin. Begitu juga untuk para lansia (lanjut usia) kita juga layani,” paparnya.

Selain vaksinasi, lanjut Dwi, pihaknya juga melayani swab antigen bagi para pemudik. “Kalau PCR ngga bisa. Kalau swab antigen bisa. Syaratnya sama, datang bawa KTP saja. Kami juga memastikan pelayanan di Pelabuhan Merak dilakukan sejak H-7 hingga H+7 lebaran,” tandasnya. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini