Beranda Bisnis Lama Mangkrak, Dermaga IV Pelabuhan Merak Diresmikan

Lama Mangkrak, Dermaga IV Pelabuhan Merak Diresmikan

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi Meresmikan Dermaga IV Pelabuhan Merak. (Gilang)

CILEGON – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi meresmikan pengoperasian dermaga IV milik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Senin (12/10/2020).

Dalam keterangannya, ia berharap dengan pengoperasian dermaga untuk lintasan Merak – Bakauheni tersebut dapat membantu tugasnya atas permintaan Menteri Perhubungan untuk menata penyeberangan yang gemuk.

“Dengan pengoperasian dermaga ini maka akan terjadi penambahan 20 trip dari 140 menjadi 160 trip dalam satu hari. 1.500 kendaraan bisa terangkut perharinya. Saya berharap ini akan menjadi kebanggaan semua, karena selama 18 tahun dikelola oleh swasta, dermaga IV ini tidak ada kemajuan,” ujar Budi Setiyadi.





Dengan penambahan dermaga itu, diharapkannya juga mampu mengantisipasi terjadinya lonjakan arus penumpang dan kendaraan pada libur panjang dan perayaan hari besar.

“Kami berharap ada timbal balik dari teman-teman asosiasi juga untuk dapat meningkatkan pelayanan peningkatan seperti yang sudah kita berikan,” imbuhnya.

Sementara Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi mengatakan dengan beroperasinya dermaga senilai Rp379 miliar itu akan menambah jasa layanan penyeberangan di pelabuhan yang sudah berusia lebih dari satu abad tersebut.

“Lalu lintas penyeberangan Jawa dan Sumatera adalah lalu lintas yang paling dominan. Alhamdulillah meskipun sempat mangkrak, setelah kita bekerja sama dengan semua pihak, semuanya sudah selesai selama satu tahun,” katanya.

Peresmian dermaga IV dengan simbolis pengguntingan pita itu turut dilakukan oleh Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar, Walikota Cilegon, Edi Ariadi. (dev/red)