Beranda Advertorial Dindikbud Banten Mulai Sosialisasikan PPDB SMA/SMK/SKh Tahun Ajaran 2022-2023

Dindikbud Banten Mulai Sosialisasikan PPDB SMA/SMK/SKh Tahun Ajaran 2022-2023

Rapat Persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2022 bersama puluhan operator tingkat SMA di Aula SMKN 1 Kota Serang, Jl. KH Abdul Fatah Hasan No.88, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Kamis (19/5/2022).

SERANG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA, SMK dan SKh tahun ajaran 2022-2023 dalam waktu dekat ini akan dibuka. Sebagai tahapan awal, hari ini, Jumat (20/5/2022), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, mulai melakukan sosialisasi PPDB.

Kepala Dindikbud Provinsi Banten, Tabrani mengatakan, dinas bersama seluruh kepala sekolah baik SMA, SMK dan SKh mulai mensosialisasikam tahapan proses PPDB.

“Saya bersama dengan kepala sekolah akan sampaikan tahapan PPDB baik  SMA, SMK dan SKh. Seperti apa tahapanya (ini prosesnya) panjang. Kapan mulainya? Senin atau Selasa depan bisa dilihat website Dindikbud Banten,” kata Tabrani, Jumat (20/5/2022).

Tabrani menjelaskan, tahapan PPDB tetap menggunakan empat jalur yaitu zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan jalur prestasi.

“Untuk zonasi itu yang jelas paling dekat dengan sekolah. Untuk presntasinya 50 persen, afirmasi 15 persen, perpindahan orang tua 5 persen dan sisanya prestasi. Untuk prestasi juga ada dua itu akdemik dan non akademik,” jelasnya.

Tabrani menambahkan, sebagaimana kebijakan dari Pj. Gubernur Banten, untuk PPDB tahun ini berbasis web server di sekolah masing-masing.

“Kebijakan itu sangat bagus untuk mempermudah melokalisir ketika terjadi gangguan pada saat pelaksanaan,” ujarnya.

Saat ditanya jika nanti terjadi kendala pada PPDB, Tabrani mengaku, hal merupakan bagian dari yang harus dicarikan solusinya bersama. Pemprov Banten menekankan kepada masing-masing sekolah untuk mempersiapkan seluruh infrastrukturnya dengan baik dan maksimal.

“Seperti mempersiapkan hardware dan software-nya. Itu sangat penting sekali. Jangan sampai apa yang sudah kita evaluasi dari PPDB tahun lalu kembali terjadi,”  pungkasnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar didampingi Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten Tabrani memimpin Rapat Persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2022 bersama puluhan operator tingkat SMA di Aula SMKN 1 Kota Serang, Jl. KH Abdul Fatah Hasan No.88, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Kamis (19/5/2022).

Pj Gubernur Banten Al Muktabar menegaskan, pihaknya ingin menguatkan prinsip dasar dalam proses PPDB Tahun 2022 ini. Prinsip dasar yang dimaksud yang harus menjadi prioritas untuk disiapkan adalah terkait dengan pelayanan kepada masyarakat.

“Oleh karena itu, dari sekarang saya ingin OPD terkait mempersiapkan segala infrastrukturnya dengan baik dan optimal sebagai bentuk ikhtiar kita mendekatkan layanan kepada masyarakat yang berjalan dengan baik,” ujarnya.

Secara teknis, lanjut Al Muktabar, mekanisme PPDB Tahun 2022 ini akan diserahkan kepada server masing-masing sekolah, tidak terpusat pada satu server seperti tahun sebelumnya. Meski demikian, Pemprov Banten tentu tetap akan melakukan pengawasan agar pelaksanaan PPDB tetap berjalan dengan baik dan lancar.

“Tentunya untuk menghindari berbagai gangguan jaringan yang menghambat pelayanan, akan ada perbaikan dalam beberapa hal di setiap server sekolah,” jelasnya.

Dikatakan Muktabar, rangkaian proses PPDB Tahun 2022 akan dimulai pada tanggal 20 Mei 2022, dengan melakukan soft lauching sosialisasi PPDB.

“Secara umum struktur PPDB tahun ini hampir sama dengan sebelumnya, ada basis zonasi kemudian afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi,” pungkasnya. (ADV)