Beranda Kesehatan Dilauncing Awal Desember, Berikut Daftar Pelayanan RSUD Kota Serang

Dilauncing Awal Desember, Berikut Daftar Pelayanan RSUD Kota Serang

Walikota Serang Syafrudin saat meninjau fasilitas RSUD Kota Serang. (Ade/bantennews)

SERANG– Grand Launching RSUD Kota Serang akan dilaksanakan pada 3 Desember mendatang. Hal ini dipastikan setelah Walikota Serang Syafrudin, Ketua DPRD Kota Serang Budi Ruatandi, dan pejabat dari instansi terkait melakukan rapat koordinasi dan monitoring pembangunan RSUD Kota Serang tahap 2.

Namun, RSUD Kota Serang masih belum dapat menerima pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan. Pasalnya, RSUD Kota Serang masih belum melakukan kerjasama dengan pihak BPJS.

Dirut RSUD Kota Serang, dr Teja Rantri menyatakan RSUD Kota Serang telah memiliki fasilitas layanan empat besar yakni obgyn anak, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis penyakit mata, dokter spesialis penyakit telinga hidung dan tenggorokan (THT), dokter spesialis penyakit syaraf, dan anatesis.
“Sedangkan pelayanan yang sudah siap yaitu pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap, pelayanan penunjang medis. Untuk pelayanan operasi, mudah-mudahan kami bisa dilaksanakan pada triwulan pertama,” ucapnya, Jumat (22/11/2019).

Kedepannya, pihaknya akan segera melengkapi kekurangan yang dianggap skala prioritas yakni terkait pelayanan operasi bedah, sarana perlengkapan laboratorium, dan perlengkapan operasi mata.
“Untuk kesiapan tentunya kalau dari tenaga sudah 100 persen, sarana sudah 100 persen sudah siap, kecuali sarana yang secara bertahap kami penuhi. Untuk tempat tidur itu kapasitas 60,” ucapnya.

Walikota Serang Syafrudin, mengatakan secara keseluruhan RSUD Kota Serang telah siap untuk dilaunching. Namun masih ada kekurangan-kekurangan yang harus segera dipenuhi, terutama di ruang operasi yang masih kekurangan AC.

“Kemudian dari sisi pelayanan, penerimaan pasien rawat jalan, rawat inap, ini sudah siap semua. Hanya ada kekurangan-kekurangan. Ini insyaaAllah akan kami penuhi di 2020. Tenaga medis dan non medis lainnya sudah oke,” kata Syafrudin.

Kendati akan segera dilaunching pada Desember mendatang, Syafrudin mengakui bahwa pasien yang ikut serta dalam program BPJS masih belum dapat dilayani. Hal ini dikarenakan belum terjalinnya kerjasama antara RSUD Kota Serang dengan BPJS.

“Artinya pas launching nanti belum bisa melayani pasien BPJS. Namun saat ini kami  sedang menjalin komunikasi, jadi dalam tahap proses agar dapat kerjasama dengan BPJS,” ujarnya.

Syafrudin pun berharap, RSUD Kota Serang dapat menjadi rumah sakit rujukan bagi masyarakat Kota Serang yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Harapannya RSUD Kota Serang ini, bisa digunakan untuk masyarakat Kota Serang. Kemudian juga mudah-mudahan RSUD milik Kota Serang ini menjadi rumah sakit yang diteladani oleh rumah sakti lain. Karena rumah sakit ini satu-satunya, dan harus bisa dimanfaatkan dengan maksimal,” harapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini