Beranda Peristiwa Dihempas Cuaca Ekstrem, KMP Wira Kencana Nabrak di Pelabuhan Merak

Dihempas Cuaca Ekstrem, KMP Wira Kencana Nabrak di Pelabuhan Merak

KMP Wira Kencana Nabrak setelah terhempas cuaca ekstrem - foto istimewa

CILEGON – Cuaca ekstrem di Laut Merak, Kota Cilegon, Banten membuat kapal sulit berlabuh. Bahkan salah satu kapal yakni KMP Wira Kencana terhempas keluar jalur saat hendak bersandar ke Dermaga I Pelabuhan Merak.

Bahkan KMP Wira Kencana menabrak beton lintasan jalan menuju Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak hingga merobohkan tiang lampu penerangan area Pelabuhan Merak.

Menurut informasi yang dihimpun peristiwa kecelakaan itu terjadi pada Senin (21/6/2021) pukul 14.30 WIB. Saat itu KMP Wira Kencana hendak olah gerak keluar dari dermaga I Pelabuhan Merak untuk berabuh.

Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Merak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Harianto menceritakan bahwa angin sebelum kejadian berkecepatan sekitar 20 knot dari laut dan arus 7-10 knot. Sehingga menghempas kapal.

Berdasar berita acara, pada saat kapal olah gerak, lanjutnya, keluar kemudi cikar kanan. Mesin kanan mundur makasimal dan mesin kiri maju maksimal, kemudian buritan terbuka lebar tali haluan tross dan spring di lepaskan dari bolder kemudian mesin kiri maju pelan sekali. Buih merah break water jarak 3 meter dari lambung kiri, mesin kiri stop kemudi cikar kiri.

Kemudian mesin kiri mundur penuh dan mesin kanan stop, kemudian mesin kanan maju pelan dan bow trushter kiri penuh, namun buritan terus bergerak ke kiri pengaruh angin dan arus.

Sehingga mengakibatkan lambung kiri merapat ke break water dan terjadi benturan yang mengakibatkan mesin kiri mati. Namun mesin kanan maju penuh kemudi cikar kanan.

“Ketika buritan sudah bebas dari buih merah break water KMP Wira Kencana kembali sandar di Dermaga I Pelabuhan Merak dengan haluan menghadap ke dermaga eksekutif,” terangnya.

Pukul 16.20 WIB, lanjutnya, KMP Wira Kencana kembali olah gerak keluar dari Dermaga I Pelabuhan merak untuk berlabuh jangkar.

(Man/Red)