Beranda Pariwisata Destinasi Wisata di Sekitar Kawasan ‘Negeri di Atas Awan’ Lebak

Destinasi Wisata di Sekitar Kawasan ‘Negeri di Atas Awan’ Lebak

Kawasan Wisata Negeri di Atas Awan Lebak - foto istimewa merahputih.com

LEBAK – Wisata Negeri di Atas Awan Citorek, Kabupaten Lebak kini menjadi primodana baru bagi traveller.

Bernama wisata Gunung Luhur, banyak wisatawan muda yang berlomba-lomba untuk datang ke tempat tersebut. Tapi meski disebut gunung, tempat yang masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) itu hanya memiliki tinggi 901 mdpl. Mirip dengan Puncak, Bogor yang rata-rata memeiliki tinggi 700-1.800 mdpl.

Menariknya Wisata Gunung Luhur ditemukan tanpa sengaja. Di tahun 2018 lalu, ada pekerja yang sedang memperbaiki jalan provinsi penghubung Lebak utara dan selatan. Mereka kemudian memposting di media sosial. Setelah viral, satu per satu wisatawan mulai berdatangan.

Nah, berikut ini lima fakta menarik tentang wisata Gunung Luhur seperti dinukil dari merahputih.com

1. Hanya bisa dinikmati di waktu tertentu

Pemandangan yang paling dicari di Wisata Gunung Luhur ini adalah lautan awan yang menutupi daratan. Sayangnya, fenomena ini tidak terjadi terus menerus. Jadi waktu terbaik untuk menikmatinya adalah di pagi hari sekitar pukul 05.30-08.00.

2. Bisa mendirikan tenda

Agar mendapatkan moment tersebut, wisatawan bisa mendirikan tenda dan bermalam di sana. Kamu bisa menyewanya dengan harga Rp50 ribu hingga Rp80 ribu per tenda. Pilihan lain kamu dapat menginap di penginapan semi permanen yang dibangun oleh warga sekitar, harga sewanya yakni Rp300 ribu per malam.

3. Tak perlu mendaki

Selain karena keindahan, akses yang mudah dijangkau menjadi alasan mengapa wisata Gunung Luhur banyak dikunjungi oleh wisatawan. Saking mudahnya, kamu tak perlu melakukan trekking untuk samai ke lokasi karena lahan parkir dan area kemah sangat dekat.

4. Aksesnya sangat mudah

Saat ini ada banyak agen travel yang membuka trip ke wisata Gunung Luhur. Tapi kalau ingin pergi ke Gunung Luhur sendiri kamu bisa mengaksesnya menggunakan kereta dari Stasiun Tanah Abang ke Stasiun Rangkasbitung. Setelah itu naik elf lokal jurusan Citorek dari Terminal Mandala Rangkasbitung.

5. Banyak curug sekitar Gunung Luhur

Meski pemandangan lautan awan yang menjadi daya tarik, di sekitar Gunung Luhur juga punya banyak destinasi air terjun.

Kamu bisa mengunjungi Curug Cipangasahan, Curug Cisuren dan Curug Cipamiceunan. Semua curuk itu letaknya tak jauh dan bisa diakses dengan berjalan kaki.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini