Beranda Pariwisata Tak Terurus, Tugu Selamat Datang di Anyer Dibongkar

Tak Terurus, Tugu Selamat Datang di Anyer Dibongkar

Tugu selamat datang Anyer di perbatasan antara wilayah Kabupaten Serang dan Kota Cilegon dibongkar. (Foto : istimewa)

SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang membongkar tugu selamat datang Anyer yang berbatasan dengan Kota Cilegon, Jumat (7/12/2018).‎ Bangunan itu sudah lama terbengkalai akibat tersandung kasus hukum  sehingga terlihat kumuh dan jadi tempat sampah. Rencananya di bekas tugu itu akan dibangun taman.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Serang, Hulaeli Asykin mengatakan, sudah sejak lama tugu itu kumuh dan menjadi sorotan masyarakat sehingga  dilakukan pembongkaran.

“Yang jelas mah tidak enak dilihat, lebih lebih kan ‎di sebelah sananya itu (tugu selamat datang-red) bagus, milik Cilegon, kemudian kita punya (tugu selamat datang-red) jelek begitu, bermasalah pula, daripada jadi omongan sudah saja dibongkar total,” katanya.

Pembongkaran ini menurutnya berdasarkan perintah langsung dari Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, dan sudah sesuai dengan prosedur seperti terlebih dulu dilakukan penghapusan aset oleh BPKAD. Dalam pelaksanaannya pun sejumlah dinas ikut terlibat seperti Disporapar, Dishub dan Dinas Satpol PP.

“Rencananya ini mau dibangun lagi, tapi gak tau kapan? Karena saya nanya ke Disporapar di 2019 gak muncul (anggarannnya-red). Tapi kalau kata saya sih sebaiknya provinsi, bikin yang gede, yang bagus dan megah, untuk Cilegon seharusnya jangan dibuat dulu‎, masa mau dua di situ, kan gak etis,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, setelah selesai dibongkar untuk sementara waktu akan dibangun taman oleh Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB).‎ Sehingga tidak dijadikan tempat pembuangan sampah.

Sementara itu Kepala Disporapar Kabupaten Serang, Tahyudin menambahkan pembongkaran tugu selamat datang Anyer dilakukan secara bergotong royong bersama masyarakat, OPD, Desa dan kecamatan dengan menggunakan alat berat. “Pembongkaran satu hari selesai, karena tugu itu sudah kurang bagus, jadi nanti akan dibuat yang lebih bagus, DED sudah, desain sudah,” tuturnya. (ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini