Beranda Pariwisata Desa Wisata Curuggoong Kabupaten Serang Jadi Alternatif Pariwisata Bagi Pelancong

Desa Wisata Curuggoong Kabupaten Serang Jadi Alternatif Pariwisata Bagi Pelancong

Peresmian Desa Wisata Curuggoong di Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten pada Rabu (13/12/2023). (Ist)

KAB. SERANG – Pertumbuhan tempat pariwisata di Kabupaten Serang, Banten kian pesat. Salah satu diantaranya yang baru saja diresmikan yakni Desa Wisata Curuggoong yang berada di Kecamatan Padarincang.

Desa Curuggoong memiliki sejumlah destinasi wisata yang dapat dikunjungi para pelancong. Antara lain wisata ekonomi kreatif, air terjun, kebun durian, hingga jembatan gantung terpanjang di Kabupaten Serang.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasah meresmikan Desa Curuggoong pada Rabu (13/12/2023). Di Kecamatan Padarincang sendiri sudah ada dua desa wisata yang diluncurkan terlebih dahulu yakni di Desa Padarincang dan Kadubeureum.

Saat ini di Kabupaten Serang telah ada puluhan desa wisata yang tersebar di berbagai kecamatan. Desa wisata tersebut menjadi penyangga wisata Anyar-Cinangka.

“Wisatawan tidak hanya datang kemudian langsung pulang dalam satu hari, tapi mereka bisa lebih lama di sini mengunjungi destinasi wisata lain,” ujarnya pada Rabu (13/12/2023)

Dikatakan Tatu, pihaknya sudah menghubungkan desa wisata dengan perhotelan di yang berada di Anyar-Cinangka. Hal ini juga turut bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

“Jadi tamu hotel itu nanti ditawari paket desa wisata juga,” tambahnya.

Untuk kelengkapan yang ada di desa wisata, pihaknya telah menginstruksikan OPD terkait untuk menanganinya. Unsur kelengkapan itu diantaranya soal aksesbilitas jalan agar memudahkan para wisatawan yang berkunjung ke desa wisata.

“Seperti soal aksebilitas jalannya saya minta DPUPR untuk melakukan penanganan,” ujarnya.

Di samping itu, Tatu meminta masyarakat untuk aktif ikut serta mendukung pengembangan desa wisata. Dukungan itu bisa dilakukan dengan menjaga lingkungan tetap bersih dan higienis.

“Masyarakat harus dapat menjaga lingkungannya supaya bersih. Dukungan masyarakat itu modal utama untuk pengembangan desa wisata,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Anas Dwisatya Prasadya mengatakan pihaknya memastikan akan melakukan pendampingan kepada desa wisata untuk terus berkembang.

“Semua desa wisata akan kami lakukan pembinaan, di Kabupaten Serang banyak bermunculan destinasi wisata baru. Semua telah berhasil menggerakkan ekonomi masyarakat,” tuturnya. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini