Beranda Pemerintahan Sekda Minta OPD di Pemkot Cilegon Bisa Berinovasi

Sekda Minta OPD di Pemkot Cilegon Bisa Berinovasi

Pemkot Cilegon menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) laboratorium Inovasi yang digelar di Ruang Rapat Bappeda Kota Cilegon, Senin (8/7/2019)

CILEGON – Pemkot Cilegon menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) laboratorium Inovasi yang digelar di Ruang Rapat Bappeda Kota Cilegon, Senin (8/7/2019). Kegiatan ini diharapkan mendorong para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lebih berinovasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ciegon, Sari Suryati mengatakan bahwa inovasi di sektor publik sangat penting dalam meningkatkan daya saing daerah menuju peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat.

“Inovasi daerah yang dimaksud ini yaitu semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dengan sasaran untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat dan peningkatan daya saing daerah,” ungkapnya.

Sari menyatakan kunci kemajuan suatu daerah adalah kemampuan dalam berinovasi. “Inovasi yang diakukan di Instansi pemerintah sangat penting dilakukan untuk peningkatakan efesien, perbaikan efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan, memenuhi nilai kepatutan, dan adanya pertanggungjawaban secara terbuka kepada masyarakat,” katanya.

Sari menjelaskan bahwa saat ini telah terdata sekitar 86 inovasi yang ada di lingkungan Pemkot Cilegon.

“Dari data tersebut, didapatkan bahwa 60 persen Inovasi berasal dari puskesmas di wilayah Cilegon sebagai output dari lomba tenaga kesehatan, dan sebagiannya merupakan hasil proyek perubahan diklatpim paradigma baru, dari hal tersebut potensi sumber daya inovasi di Kota Cilegon sangatlah besar, namun yang saat ini menjadi catatan adalah semangat berinovasi yang belum merata di seluruh OPD di Kota Cilegon,” jelasnya.

Sari berharap adanya inovasi di masing-masing OPD sebagai bagian dari akselerasi kinerja daerah, selain itu juga hasil laboratorium inovasi harus dapat diaplikasikan dalam setiap kegiatan OPD Kota Cilegon.

“Harapan kami pada laboratorium inovasi ini masing-masing OPD bisa menginspirasi dan menggugah semangat berinovasi serta membangun kesadaran kolektif untuk melakukan periubahan ke arah yag lebih labik lagi,” harapnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini