Beranda Pemerintahan Desa Kemanisan Masuk Nominasi Desa Cantik BPS RI

Desa Kemanisan Masuk Nominasi Desa Cantik BPS RI

KAB. SERANG – Desa Kemanisan di Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang berhasil masuk ke dalam nominasi 25 besar Calon Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) se-Indonesia oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia Tahun 2022.

Pejabat Fungsional Statistisi Muda BPS RI Evi Oktavia mengatakan dalam pemilihan nominasi tersebut, pihaknya telah memverifikasi bukti-bukti yang sudah masuk ke BPS RI dan laporan-laporan yang diterima. Terpilihnya Desa Kemanisan dari 685 desa yaitu atas dasar antusiasnya aparat desa yang mau belajar tentang statistik.

“Kita melakukan kunjungan ke 25 desa yang masuk nominasi untuk verifikasi bukti-bukti yang sudah masuk ke kita,” ujarnya di sela kunjungan ke Kantor Desa Kemanisan bersama tim pada Kamis (15/12/2022).

Dijelaskan Evi, di Provinsi Banten terdapat 3 desa yang masuk ke dalam nominasi. Terpilihnya Desa Kemanisan yakni salah satunya desa tersebut merupakan calon status desa tertinggal karena sumber dayanya yang terbatas. Namun, Desa Kemanisan bisa masuk atas antusias para aparat desa yang ingin belajar tentang statistik terkait bagaimana mengolah data dan mengumpulkan data.

“Karena tidak semua orang mau diajarkan tentang statistik karena merasa berat, sepertinya yang menjadi nilai plusnya adalah mereka mau belajar dalam proses penyediaan statistik itu,” paparnya.

Lebih lanjut Evi menjelaskan, saat ini program BPS Desa Cantik memasuki tahun kedua pelaksanaannya. Pihaknya berkeinginan kualitas data semakin lebih baik.

“Makanya kita mengajarkan dan mendampingi desa dalam rangka menciptakan statistik lebih baik lagi, karena pemerintah itu butuh data yang benar. Jadi melalui program desa cantik ini kita berharap Indonesia semakin lebih baik karena datanya semakin lebih baik,” katanya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Desa (Kades) Kemanisan Saefurohman, Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Statistik Ayu Mira Kusumaningtyas, Kabid Komunikasi Informasi Publik (KIP) Ari Arumansyah pada Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, dan perwakilan dari Kecamatan Tirtayasa.

Kabid Persandian dan Statistik pada Diskominfosatik Kabupaten Serang Ayu Mira Kusumaningtyas mengatakan bahwa Program Desa Cantik ini merupakan upaya meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan statistik. “Untuk mensukseskan program Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) ini diperlukan dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak, baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah hingga Pemerintah Desa dan masyarakat,” ujar Ayu. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ