Beranda Pemerintahan Desa Cikolelet Kabupaten Serang Terpilih Jadi Desa Cantik

Desa Cikolelet Kabupaten Serang Terpilih Jadi Desa Cantik

Sosialisasi Desa Cantik di Aula Kantor Desa Cikolelet pada Selasa (4/5/2021).

KAB. SERANG – Dalam rangka mewujudkan satu data Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia membuat program Desa Cinta Statistik atau yang disingkat menjadi Desa Cantik. Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka berhasil mewakili Kabupaten Serang masuk dalam 100 besar yang terpilih sebagai Desa Cantik.

Kepala BPS Kabupaten Serang, Tutty Amalia mengatakan selain Desa Cikolelet yang berada di Kabupaten Serang, ada dua desa di Kota Serang dan Kabupaten Lebak yang juga terpilih menjadi Desa Cantik.

“Ini adalah salah satu program percepatan dari BPS dalam rangka mewujudkan satu data Indonesia,” ujar Tutty usai Sosialisasi Desa Cantik di Aula Kantor Desa Cikolelet pada Selasa (4/5/2021).

Dijelaskan Tutty, terkait mewujudkan program satu data Indonesia, pihaknya memulai dari desa untuk pengumpulan data.

“Jadi, kalau datanya sudah terhimpun dengan bagus, sudah di kelola dengan bagus kedepannya Insya Allah akan lebih baik,” kata Tutty.

Agar tercapainya program Desa Cantik menuju satu data Indonesia, pihak BPS Kabupaten Serang memberikan pemahaman tentang pentingnya data kepada aparat pemerintahan desa. Kemudian, jika aparat pemerintahan desa sudah memahami, maka akan mudah untuk memsosialisasikannya ke masyarakat.

BPS Pusat memilih Desa Cikolelet menjadi Desa Cantik dengan berbagai penilaian yang salah satunya mungkin dilihat dari kepala desa yang kooperatif dan desanya berkembang untuk lebih maju dan mandiri.

“Kebetulan juga Desa Cikolelet desa wisata yang mana program Pemda Kabupaten Serang juga prioritas untuk Desa Cikolelet, karena kami juga berkoordinasi dengan Pemda untuk memilih calon desa cantik,” ujarnya.

Dengan terpilihnya Desa Cikolelet menjadi Desa Cantik, Desa Cikolelet dapat menjadi desa percontohan untuk desa lain yang ada di Kabupaten Serang.

Lanjur Tutty, program Desa Cantik bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terlebih dahulu tentang statistik.

“Paling tidak masyarakat desa paham tidak bingung lagi terkait statistik atau data. Salah satunya contohnya, Desa Cikolelet belum memiliki website, nanti kita bantu untuk membuat website tersebut,”tuturnya.

Hadir pada sosialisasi tersebut, Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya, Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfosatik, Shuinta Asfilian Harjani, Plt Kades Cikolelet Ahmad Zaeni, Sekmat Cinangka tokoh masyarakat, dan pegawai Pemerintah Desa Cikolelet.

Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya mengatakan dengan terpilihnya Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang merupakan pilot projek dari 100 desa cantik se-Indonesia, dan di Banten juga baru ada 3 desa yang dipilih termasuk Desa Cikolelet ini.

“Terkait dengan desa cantik ini, tentunya desa merupakan basic data yang harus valid , berkualitas, dan update. Desa saat ini adalah subyek pembangunan, sehingga pembangunan yang berkelanjutan dapat berkelanjutan, dapat terlaksana dengan baik. Tentunya dengan desa sebagai basik data, pemda dapat merencanakan pembangunan secara lebih terarah,” ujar Anas.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini