Beranda Peristiwa Darurat Stok Darah, PMI Banten Gelar Gebyar Pekan Kemanusiaan

Darurat Stok Darah, PMI Banten Gelar Gebyar Pekan Kemanusiaan

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten menggelar Gebyar Pekan Kemanusiaan Banten Berdonor mulai Senin (5/4/2021) hingga Minggu (11/4/2021).

SERANG – Banten memasuki darurat stok darah seiring pandemi Covid-19 dan saat Ramadan nanti. Oleh karena itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten menggelar Gebyar Pekan Kemanusiaan Banten Berdonor mulai Senin (5/4/2021) hingga Minggu (11/4/2021).

Melalui kegiatan tersebut, PMI mengajak stakeholder dan masyarakat Banten secara umum untuk melaksanakan donor darah di unit donor darah (UUD) PMI di semua kabupaten/kota.

“Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada stok darah di semua UUD. Apalagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan, dipastikan stok darah semakin menurun,” kata Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah saat membuka Gebyar Pekan Kemanusiaan Banten Berdonor secara virtual di Markas PMI Banten, Senin (5/4/2021).

Berbagai kegiatan digelar. Mulai dari donor darah yang digelar di Markas PMI Banten dan tujuh UDD se-Banten dan donor plasma konvalesen di UDD Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan.

“Banyak pasien Covid-19 membutuhkan plasma konvalesen. Ada juga pasien thalassemia yang harus rutin mendapatkan transfusi darah, hingga ibu dan bayi dalam proses persalinan. Kita harus bergerak bersama menyediakan stok darah yang aman,” ujarnya.

Mengacu pada standar WHO dengan jumlah penduduk Banten sekitar 12 juta jiwa, maka standar kebutuhan darahnya mencapai 240 ribu kantong darah per tahun. Angka ini berada di kisaran 2 persen dari total jumlah penduduk. Jika dirata-rata, kebutuhan standar darah per bulan mencapai 20 ribu kantong darah.

Sementara menurut catatan PMI Banten, per hari permohonan darah mencapai 840 kantong. Sementara saat pandei, rata-rata stok darah per hari mencapai 600 kantong.

“Saat Ramadah, stok darah selalu menurun. Maka perlu upaya bersama untuk menutupi kebutuhan dan menolong saudara kita yang tengah membutuhkan darah,” ujar Tatu.

Saat sesi pembukaan kegiatan tersebut, dilakukan memorandum of understanding (MoU) antara PMI Banten dan Universitas Primagraha (UPG). Kerja sama dilakukan dalam rangka donasi dan pemberian beasiswa bagi relawan PMI di Banten.

Wakil Ketua Bidang UDD PMI Banten dr Novitrian EP menambahkan, selain donor darah dan plasma, PMI juga memberikan penghargaan kepada penghargaan kepada pendonor darah sukarela 10 kali, 25 kali, dan 50 kali.

“Kami juga menggelar talkshow kesehatan tentang Covid-19, transfusi darah, dan blood safety. Kemudian ada juga pemeriksaan kesehatan gratis dari Rumah Sakit Hermina dan bazar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, masyarakat Banten bisa melakukan donor darah di UDD terdekat, dan di Markas PMI Banten. “Kami mendapat informasi bahwa sejumlah kepala daerah di Banten sudah mengeluarkan surat edaran terkait dukungan kegiatan ini. Kami berharap, semakin banyak pendonor dan tentu semakin banyak pasien yang membutuhkan darah bisa tertolong,” ujarnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini